Proxy, Pengertian Dan Fungsi Serta Jenisnya

Proxy saat ini menjadi hal yang sudah umum bagi pengguna internet. Pengguna internet mungkin sudah sering mengenal istilah tentang proxy server, namun anda belum mengetahui apa itu sebuah proxy server.

Pengertian Proxy

Proxy Server adalah server yang diletakkan antara suatu aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi dengan jaringan internet. Atau dalam kata lain, server proksi adalah suatu jaringan yang menjadi perantara antara jaringan lokal dan jaringan internet. Proxy server dapat berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungan komputer kita dengan jaringan luar

Proxy menyediakan sumber daya baik dengan menghubungkan ke server tertentu atau dengan melayani dari cache. Dalam beberapa kasus, proxy dapat mengubah permintaan klien atau respon server untuk berbagai tujuan. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

Pada dasarnya, proxy server memiliki tugas untuk menjembatani dan juga mengendalikan aktivitas dari lalu lintas paket data yang melewatinya. Dengan adanya proxy server, maka setiap aplikasi client maupun aplikasi server, seperti FTP, web server, web browser dan semacamnya bisa dimonitor dan juga dikendalikan oleh proxy server.

Prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana, saat user menggunakan layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah public servernya.

Sebuah aplikasi proxy umum yang dikenal pada umumnya adalah proxy web cache. Ini menyediakan cache terdekat dari halaman Web dan file yang tersedia di server Web remote, memungkinkan klien jaringan lokal untuk mengakses mereka lebih cepat atau andal. Ketika menerima permintaan untuk sumber daya Web (ditentukan oleh URL), proxy cache akan mencari URL yang dihasilkan dalam cache lokal.

Jika ditemukan, ia mengembalikan dokumen segera. Jika tidak mengambil dari server jauh, dikembalikan ke peminta dan menyimpan salinan dalam cache. Cache biasanya menggunakan algoritma kadaluwarsa untuk menghapus dokumen dari cache, sesuai dengan jangka waktu, ukuran, dan sejarah akses. Dua algoritma cache yang sederhana contohnya Least Recently Used (LRU) dan Least Sering Digunakan (LFU). LRU menghilangkan setidaknya dokumen yang baru digunakan, dan LFU menghapus sedikitnya dokumen yang sering digunakan.

Fungsi Proxy Server

Proxy Server meupakan pihak ketiga yang menjadi perantara antara kedua pihak yang saling berhubungan, dalam hal ini adalah jaringan lokal dan jaringan internet. Secara prinsip pihak pertama dan pihak kedua tidak langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan degan pihak ketiga yaitu proxy.

1. Connection Sharing

Fungsi conection sharing merupakan teknis dari sebuah proxy server, yang menempatkan sebuah proxy server menjadi sebuah gateway, dimana dapat membatasi antara penggunaan jaringan local dan juga jaringan luar. Dengan adanya fungsi ini, maka dapat dimungkinkan untuk melakukan koneksi dari jaringan local ke dalam jaringan internet dengan menggunakan sambungan gateaway tersebut secara bersamaan. Inilah yang disebut sebagai connection sharing dalam fungsi teknis sebuah proxy server.

2. Filtering

merupakan sebuah usaha pengamanan atau pembatasan sehingga dengan adanya filtering sebuah proxy server dapat mengamankan dan membatasi hak akses client pada jaringan privat. Jadi meskipun mula-mula dibuat sebagai cache nonsekuriti, tujuan utama proxy server sekarang menjadi firewalling. Proxy server memperbarui request layanan pada jaringan eksternal atas nama client mereka pada jaringan private.

 

Ini secara otomatis menyembunyikan identitas dan jumlah client pada jaringan internal dari jaringan eksternal. Karena posisi mereka di antara client internal dan server publik, proxy juga dapat menyimpan content yang sering diakses dari jaringan publik untuk mengurangi akses ke jaringan publik tersebut. Kebanyakan implementasi nyata proxy sekuriti meliputi pemfilteran paket dan Network Address Translation untuk membangun firewall yang utuh. Teknologi tersebut dapat digabungkan dengan proxy untuk menghilangkan serangan yang terhadapnya proxy rentan.

3. Caching

Dan fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai fungsi caching, disini maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user. Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.

Manfaat Proxy Server

Secara umum manfaat proxy server ada dua macam, yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kinerja Jaringan

Dengan kemampuan server proxy untuk menyimpan data permintaan dari aplikasi client, permintaan yang sama dengan permintaan sebelumnya hanya akan diambilkan dari simpanan server proxy. Jika seorang pengguna internet sudah pernah membuka situs yang sama, tidak perlu dihubungkan langsung pada situs sumbernya, tetapi cukup diambilkan dari simpanan server proxy. Dengan cara demikian, koneksi langsung pada server sumbernya dapat dikurangi. Dengan demikian, penggunaan bandwidth internet untuk koneksi langsung menjadi berkurang.

2. Filter Permintaan

Server proxy juga dapat digunakan sebagai filter terhadap permintaan data dari suatu situs. Dalam hal ini, server proxy menjadi filter terhadap situs yang boleh atau tidak boleh dikunjungi. Selain itu, server proxy juga dapat sebagai filter terhadap aplikasi client yang dapat menggunakan akses terhadap internet. Dalam hal ini server proxy berlaku sebagai filter terhadap gangguan internet.

3. Dapat Mengurangi Penggunaan Bandwidth Dari Koneksi Internet User

Bagi anda yang mungkin sering khawatir dengan kuota internet yang tipis, maka dengan adanya proxy server ini, user pasti akan sangat terbantu. Setiap situs yang sudah pernah anda kunjungi sebelumnya, akan disimpan dalam proxy server dalam proses caching. Maka dari itu, ketika akan mengunjungi situs yang sama.

Proxy server akan menyediakan konten yang sudah pernah anda akses sebelumnya, sehingga tidak perlu melakukan request langsung ke web server. Karena itu, dengan koneksi langsung ke dalam web server yang berkurang, hal in iakan berpengaruh terhadap bandwith, dan akan mengoptimalkan penggunaan bandwith internet yang menjadi lebih sedikit.

4. Melakukan Pemblokiran Terhadap Situs Tertentu

Proxy juga banyak digunakan untuk melakukan pemblokiran terhadap situs-situs tertentu. Saat ini, jenis situs yang sifatnya pronografi, serta SARA sudah banyak diblokir dan juga filter berkat fungsi filtering yang ditawarkan oleh proxy server. Jadi, proxy server sangat bermanfaat bagi user yang memang membutuhkan fitur koneksi internet yang bebas dari konten konten buruk dan juga tidak pantas, sehingga dapat digunakan oleh semua orang.

5. Kemanan Jaringan Yang Lebih Baik Dan Juga Terjaga

Kemanan jaringan yang menggunakan proxy server juga menjadi lebih terjaga. Hal ini sangat erat pula kaitannya dengan fungsi filtering dari sebuah proxy server. Dengan adanya filtering pada proxy server, maka setiap konten website atau aplikasi internet akan menjadi lebih aman dan juga mudah untuk diakses. Fitur ini juga memungkinkan agar komputer atau device terhindar dari gangguan malware dan juga virus yang bertebaran pada jaringan internet.

6. Pengaksesan Situs Yang Sudah Pernah Dibuka Sebelumnya Menjadi Lebih Cepat

Akses internet akan menjadi lebih cepat, terutama pada website yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Dengan menggunakan proxy server, seluruh konten dan juga isi dari aplikasi intenet akan menjadi lebih cepat untuk ditampilkan. Kemudian hal ini akan berpengaruh kepada akses internet itu sendiri yang menjadi lebih cepat dan dapat terhindar dari kegagalan loading konten.

Berbagai Jenis Server Proxy

1. Transparent Proxy

Jenis server proxy mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy dan juga membuat alamat IP asli tersedia melalui http header. Ini umumnya digunakan untuk kemampuan mereka untuk website cache dan tidak secara efektif memberikan anonimitas apapun untuk mereka yang menggunakannya. Namun, penggunaan proxy transparan akan membuat Anda sekitar larangan IP sederhana. Mereka transparan dalam hal alamat IP Anda terkena, tidak transparan dalam istilah yang Anda tidak tahu bahwa Anda menggunakannya (sistem anda tidak secara khusus dikonfigurasi untuk menggunakannya.) Jenis server proxy tidak menyembunyikan IP Anda alamat.

2. Anonymous Proxy

Dengan Proxy Animouse selain sebagai perantara, proxy ini juga akan memblokir data IP kita sehingga IP sebenarnya kita tidak bisa dibaca oleh server website yang kita ambil atau kita akses datanya, dan yang terbaca pada server website adalah IP Proxy tersebut. Tapi biasanya kecepatan akses lebih lambat dari pada Proxy Transparent.

3. Distorting Proxy

Distorting proxy merupakan jenis server proxy yang mengidentifikasi dirinya sebagai jenis server proxy yang membuat alamat IP seseorang yang terlihat tetapi bukan IP asli, itu hanya sebuah rekayasa. Sedangkan IP asli tersedia melalui hhtp header.
High Anonymous Proxy

4. High Anonymous Proxy

merupakan jenis proxy server yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy. Bahkan proxy jenis ini pun tidak dapat menyediakan alamat Ip asli.

Jenis proxy menurut koneksinya :

  • Proxy http
  • Proxy socks
  • Ssh tunnel
  • Vpn
  • Psybnc
  • Bnc
  • Proxy web (cgi, php)

Kelebihan menggunakan proxy pada jaringan komputer?

  • Ada beberapa kelebihan ketika kita menggunakan layanan proxy pada jaringan komputer, antara lain:
  • Dapat menyebunyikan alamat ip address komputer
  • Dapat mengakses website tertentu yang sudah di blok oleh ISP
  • Dapat digunakan untuk memblokir alamat ip address atau website tertentu yang tidak diinginkan
  • Dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna
  • Dapat menfilter cookies yang tidak diinginkan yang tersimpan didalam encrypt.
  • Melindungi dan menjaga komputer dari pencurian dan kebocoran data

Kekurangan Proxy Server

  • Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.
  • Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.

Demikian diatas tadi pembahasan tentang pengertian proxy dan fungsinya secara singkat dan jelas, semoga pembahasan ini dapat di pahami dan tentunya dapat memberikan manfaat untuk yang telah membacanya…

You Might Also Like