Penjelasan World Wide Web Dan Fungsinya

Bagi anda yang hobi surfing di internet tentu hafal betul apa itu web browser atau peramban. Ya, web browser atau sering disingkat browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil dan menyajikan informasi di World Wide Web. Singkatnya, web browser adalah program atau software aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet atau dunia maya.

WWW adalah sebuah rangkaian huruf yang selalu digunakan pada setiap bagian depan dari sebuah alamat domain halaman website atau sebuah blog. Kebanyakan orang hanya menggunakannya saja tanpa peduli mengenai pengertian, asal usul atau sejarahnya bahkan fungsinya.

World Wide Web

Pada dasarnya WWW merupakan singkatan dari frasa kata World Wide Web. Jika dipenggal dan diartikan per satu kata, maka World berarti dunia, Wide berarti berukuran besar ataupun raksasa dan Web merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan data maupun dokumen ke jaringan internet. Maka dari itu, jika WWW diartikan dari rangkaian kata ini, maka WWW dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan dan menyebarkan data ke jaringan internet berskala besar yang ada di seluruh penjuru dunia.

Jika diartikan secara lengkap maka pengertian WWW adalah sebuah program yang sengaja dibuat sebagai media untuk mengarsipkan seluruh dokumen yang terdapat di jaringan internet. Dengan menggunakan program ini, seluruh dokumen yang ada di internet menjadi tersusun lebih rapi sehingga lebih mudah ditemukan oleh para pengguna jaringan internet.

Penemu Pertama

Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.

Ketika dipresentasikan ke public untuk pertama kalinya pada tahun 1995, WWW benar-benar menjadi perhatian publik di dunia internet. Program ini digunakan untuk mengganti FTP, yang telah lama digunakan sebagai traffic control jaringan internet. Program WWW, yang dibangun dibangun oleh Lee, benar-benar sesuatu yang baru yang tidak pernah dipikirkan kebanyakan orang pada saat itu.

Pada tahun 1995 WWW diperkenalkan untuk pertama kalinya dan benar-benar menjadi perhatian publik di dunia internet. Kemudian program ini digunakan untuk mengganti FTP yang telah lama digunakan sebagai traffic control jaringan internet. Program penemuan Lee benar-benar menyajikan sesuatu yang benar-benar baru yang tidak pernah dipikirkan orang.

Fungsi Dari World Wide Web

World Wide Web dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

WWW merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Ini juga merupakan bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web dan yang server tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.

Situs Pertama Kali di Dunia

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee merupakan situs web pertama beralamat (http://info.cern.ch/) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Lee lantas meluncurkan browser-nya pada tahun 1991. Tetapi belum banyak orang yang menggunakan media WWW yang ditemukannya, sampai beberapa tahun kemudian seorang bernama Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih populer, Mosaic. Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology. Marc lantas mendirikan Netscape. Sejak saat itu pengguna internet dan WWW berkembang dengan sangat pesat.

Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Apa yang dilakukan Lee saat ini, tidak terlepas dari kehidupannya di masa lalu. Semenjak kecil, orang tua Tim sudah mengajarkannya untuk berfikir kreatif. Bahkan semasa kecil, Lee sering bermain-main dengan bilangan imajiner dalam pikirannya (seperti berapa nilai akar dua dari minus 4). Ketika lee mulai kuliah di Oxford, dia sudah bisa merakit komputer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Dia juga mempelajari fisika karena fisika menggabungkan konsep matematika dan elektronika. “Fisika sangat menyenangkan” akunya.

Kalau Marc menjadi miliuner dengan produk yang dibuatnya, Lee dengan visi jauh ke depannya memutuskan untuk berkiprah di organisasi nirlaba dan tak banyak mengambil untung dari penemuan dan keahliannya. Saat ini, Tim Berners Lee menjabat Direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang berkantor di Massachussets Institute of Technology. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400-an anggota dengan staf sekira 40 orang yang tersebar di seluruh dunia.

Tujuan organisasi ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan lintas platform (interoperable technologies), menetapkan spesifikasi, aturan-aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat-alat lainnya yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, World Wide Web. Anggota-anggotanya terdiri dari Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle dan banyak lagi. Mereka bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengeksploitasi WWW agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang. Yang berarti juga membagi ilmu pengetahuan bagi sesama. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

World Wide Web memiliki fungsi sebagai program yang bertugas sebagai penyedia, pengendali dan penampil dokumen atau data dan informasi apapun di jaringan internet. Kehadiran World Wide Web membuat keseluruhan proses transmisi data di jaringan internet bisa berjalan lebih cepat dan lebih teratur dari sebelumnya. Selain itu juga menawarkan berbagai macam kecanggihan dan juga kemudahan dalam pemakaian intenet serta bisa mendapatkan dan menampilan berbagai jenis informasi dimana saja dengani internet secara mudah dan juga cepat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai World Wide Web yang bisa kami sampaikan melalui artikel ini. Semoga informasi ini dapat menambah lebih banyak lagi wawasan serta pengetahuan anda tentang dunia komputer khususnya internet. Terimakasih telah berkunjung.

You Might Also Like