Pengertian, Sejarah Serta Perkembangan Android

Tentunya sebagian dari anda sudah tidak asing dengan kata Android. Apalagi bagi anda yang menggunakan smartphone dan belakangan ini Hp Android seringkali dibicarakan banyak orang. Lalu apa itu Android? Nah kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian Android beserta hal-hal yang terkait di dalamnya.

Pengertian Android

Android sendiri adalah sebuah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat seluler seperti Telepon Pintar(Smartphone) dan Komputer Tablet. Sistem operasi Android ini berbasis Linux yang mengartikan bahwa pondasi dasar sitem operasi ini adalah Linux, Linux adalah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat komputer android versi mobile touchscreen ( smartphone dan tablet). Sehingga sistem operasi yang berada di dalam smartphone saat ini memang menyesuaikan dari kelas low-end hingga high-end, sehingga perkembangan sistem Android memang cukup meningkat tajam.

Android merupakan sistem operasi yang terbuka (open source) yang mana berarti jika pihak Google memperbolehkan dan membebaskan bagi pihak manapun untuk dapat mengembangkan sistem operasi tersebut. Bahkan anda sendiri pun juga dapat mengembangkan sistem android yang memang sesuai dengan keinginan anda. Sistem Android memiliki gudang aplikasi dan game yaitu Google Playstore, yang mana disini anda bisa mendownload serta menggunakan aplikasi atau game yang terdapat di Google Play Store sepuasnya dengan menggunakan perangkat seluler dengan sistem Android.

Di dunia terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS), seperti yang terdapat pada smartphone NEXUS keluaran google yang bekerja sama dengan vendor smartphone HTC dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD), jenis yang kedua ini banyak terdapat pada smartphone android di pasaran.

Sejarah Android Dan Perkembangannya

Android Inc. adalah perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat, merupakan pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel yang didirikan olehAndy RubinRich MinerNick Sears dan Chris Whitep pada bulan oktober tahun 2003 silam. Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi.

Mulanya OS Android ini diperuntukkan sebagai OS untuk kamera yang dapat di koneksikan ke Desktop PC dan dihubungkan dengan “Android Datacenter”. Setelah menyadari bahwa pasarnya begitu kecil apabila OS ini hanya untuk kamera, maka perusahaan memutuskan untuk mengubah OS ini menjadi untuk handphone dan dari sinilah benih benih kesuksesan Android mulai terlihat.

Karena konsep Android yang sangat menakjubkan ini, Google mengakuisisi Android, Inc. Pada tahun 2005 dengan menempatkan Andy Rubin sebagai pucuk pimpinan. Kemudian untuk mengembangkan dan mempercanggih sistem operasi Android, maka dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak dan telekomunikasi. Perusahaan tersebut diantaranya: Google, INTEL, HTC, Motorola, Qualcomm, T-Mobile.

Android dirilis pertama oleh Google pada tanggal 5 november 2007, yang didukung oleh Open Handset Alliance dan smartphone pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream yang dirilis pada 22 oktober 2008. Dalam penerbitannya Android kalah cepat dari saingannya yaitu iOS dari Apple Inc. Tidak butuh waktu lama Android langung merajai pasar telepon seluler di Dunia. Juli 2013, Google Play Store telah memiliki lebih dari satu juta aplikasi Android yang diterbitkan dan lebih dari 50 miliar aplikasi telah diunduh.

Pada sebuah survey April – Mei 2013 pengembang aplikasi mobile menemukan bahwa 71% dari pengembang membuat aplikasi untuk Android dan survei 2015 menemukan bahwa 40% dari pengembang profesional melihat Android sebagai platform target prioritas mereka, diatas iOS Apple yang mendapat porsi 37%, kedua platform ini jauh meninggalkan pesaing-pesaing mereka. Dari keterangan resmi Google pada laporan tahun 2014, perusahaan mengungkapkan bahwa ada lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan Android, naik dari 538.000.000 pada bulan Juni 2013 dan menjadikan sistem operasi perangkat seluler yang paling banyak digunakan diseluruh Dunia dan mengalahkan symbian. sungguh sangat luar biasa ketertarikan masyarakat Dunia terhadap sistem operasi telepon seluler yang satu ini.

Tidak hanya ponsel Android saja yang dirilis oleh Google, setelah sukses memasarkan ponsel Androidnya, Google mencoba mengembangkan Android TV untuk televisi, Android Auto untuk mobil, Android Wear untuk jam tangan dan Android juga banyak digunakan pada konsol permainan, laptop atau notebook, kamera digital dan peralatan elektronik lainnya dan pada awal tahun 2015, Android telah terinstal pada sebagian besar semua sistem operasi dan berikut ini beberapa versi Android.

  • Android Versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan fitur yang disupport oleh Google Mail Service dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan email.

  • Android Versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Versi kedua android ini mendukung berbagai fitur yang lebih lengkap diantaranya adalah upload Video ke Youtube atau Gambar ke Picasa langsung dari telepon selular dan Bluetooth A2DP yang sudah terintegrasi

  • Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan, CDMA atau EVDO, VPN, Gestures dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel) dan pengadaan resolusi VWGA.

  • Androoid Versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada bulan Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair) yang merupakan urutan generasi ke 4 dari banyak versi Android yang ada, terdapat penambahan google map di versi ini dan beberapa penambahan fitur yang lebih canggih dan bagus seperti Kamera 3,2 Megapixel yang didukung oleh “flash”, digital Zoom dan Bluetooth 2.1.

  • Android Versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada bulan Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan dengan perubahan terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

  • Android Versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. perubahan yang terdapat di Gingerbread mampu meningkatkan kinerja dan peforma berbagai macam aplikasi atau fitur fitur yang umum dalam device Android seperti game, audio, video, kamera dll. Fungsi dan penerapan copy paste juga telah dioptimalkan. Android gingerbread juga sudang mendukung User interface hemat energi, Keyboard virtual dengan word selection, Power Management, App control, Dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu atau tambahan kamera depan

  • Android Versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. OS android versi ini tidak bisa digunakan pada ponsel atau hp. fitur fiturnya juga telah disesuaikan bagi pengguna tablet. sistem ini didesain khusus dengan kecanggihannya sehingga membuat tablet berjalan dengan kinerja maksimal

  • Android Versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada bulan Oktober 2011, membawa fitur Honey comb untuk smartphone dan android pertama yang mempunyai fitur baru membuka kunci dengan pengenalan wajah. Android ini juga diklaim mampu menghasilan interface yang lebih halus dan bersih. terdapat juga beberapa penambahan font baru pada Android versi ICS ini

  • Android Versi 4.1 (Jelly Bean)

Android Jelly Bean membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, bahkan hasil pertandingan olahraga.

  • Android 4.4 (Kitkat)

Butuh setahun bagi Google untuk menghadirkan KitKat. Versi Android ini memberikan suasana yang segar dengan pembaruan antarmuka beraksen putih dan biru muda. Pada KitKat, Google menghadirkan perintah pencarian menggunakan suara atau disebut “Ok, Google”. Fitur ini dirundung puji-pujian dari para pakar teknologi. Di saat bersamaan, Google juga meluncurkan aplikasi pesan singkat Hangouts untuk pertama kalinya. Sayangnya, belakangan Hangouts dilabeli sebagai layanan Google yang gagal karena tak menuai penetrasi yang memuaskan.

  • Android 5.0 (Lollipop)

Pembaruan yang mencolok pada Lollipop tampak dari sisi desainnya yang diperhalus dan disesuaikan dengan zaman. Selain itu, fitur-fitur yang sudah hadir pada Android sebelumnya ditingkatkan. Inovasi kurang terasa pada versi ini. Satu-satunya yang lumayan baru adalah dukungan untuk gambar berformat RAW. Format itu memungkinkan para ilustrator, fotografer atau graphic designer untuk menyimpan file dengan ukuran besar agar bisa di edit tanpa mengurangi kualitas.

Hingga saat ini Android menjadi sistem operasi berbasis mobile phone paling populer di Dunia. Semua ini tak lepas dari sifatnya yang open source serta banyaknya dukungan dari para pengembang dan pembuat aplikasinya dan ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan android antara lainnya adalah:

Kelebihan Android

1. User Friendly

Yang dimaksudkan disini adalah sistem Android sangat mudah untuk dijalankan. Sama halnya pada sistem operasi Windows yang ada pada komputer. Bagi anda yang belum terlalu terbiasa dengan smartphone, anda hanya membutuhkan waktu sebentar saja untuk bisa mempelajari sistem Android.

2. Kemudahan Dalam Notifikasi 

Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.

3. Aplikasi 

Untuk Aplikasi anda akan disajikan jutaan pilihan aplikasi yang menarik dari yang gratis hingga berbayar, dan anda bisa mendownloadnya di Google Play, siapa lagi kalau bukan miliknya Mbah Google.

4. Multitasking

Ponsel Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya Anda bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.

5. Dll

Dan masih banyak lagi kelebihan dan fitur yang dimiliki Android, dan anda bisa mengembangkannya sesuai dengan keinginan anda, karena Sistem operasi ini Open Source dan User Friendly

Kekurangan Android

1. Koneksi Internet Yang Terus Menerus 

Kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif. Hal ini sering terjadi jika anda menyalakan paket data dan menggunakan widget serta aplikasi yang berjalan secara berlebihan, untuk mengatasinya anda harus mengurangi aktivitas aplikasi pada smartphone anda.

2. Update System Yang Kurang Efektif

Sistem Android memang seringkali mengalami peningkatan versi yang ditawarkan kepada penggunanya. Namun untuk mengupdate system Android ini bukanlah hal yang mudah. Anda diharuskan untuk menunggu masing-masing vendor merilis resmi update terbaru dari sistem Android tersebut. Dan bagi beberapa pengguna, hal ini kurang begitu menyenangkan.

3. Iklan 

Aplikasi di ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut, akan selalu ada iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi

Demikian pengertian Android dan perkembangan sistem operasi Android, semoga dengan adanya informasi ini menjadikan anda mengenal dengan benar OS Android dan juga perkembangannya dari pertama hingga saat ini dan nantikan artikel lainnya dari kami 🙂

You Might Also Like