Jenis-Jenis Komputer Dan Kegunaannya

Semakin merambaknya kebutuhan masyarakat terkait teknologi, fungsi komputer kian penting. Masyarakat modern seperti sekarang ini telah tergantung pada perangkat komputer. Mulai dari hasrat untuk sekadar mengikuti perkembangan teknologi hingga kebutuhan dalam hal pekerjaan sehari-hari. Seiring perkembangannya komputer semakin lama semakin kecil dan semakin canggih.

Saat ini peranan komputer banyak digantikan oleh komputer portable atau lebih dikenal dengan laptop atau nootebook. Komputer portable adalah salah satu jenis komputer yang ditinjau dari fungsinya dan untuk membahas jenis – jenis komputer yang di dasarkan pada fungsinya pada kesempatan ini akan saya bagikan materi tentang jenis-jenis komputer berdasarkan fungsinya yang akan dijelaskan secara lengkap.

Pengertian Komputer

komputer berasal dari bahasa latin yaitu “computare” yang artinya menghitung, sedangkan dari bahasa inggrisnya sendiri adalah to compute yang memiliki arti yang sama yaitu menghitung ,komputer merupakan sebuah alat elektronik yang mempunyai kemampuan kerja terpadu, untuk menerima data (output), mengolah data dan meghasilkan keluaran (output), yang berguna bagi komputer ataupun pengguna.

Komputer juga berarti suatu alat yang dapat meringankan beban atau juga suatu alat yang dapat membantu seseorang agar pekerjaannya lebih ringan, misalkan menghitung, membuat dokumen dan lain sebagainnya, komputer memiliki berbagai jenis, jenis komputer dapat dibedakan berdasarkan kapasitasnya yaitu:

1. Komputer Analog

Jenis komputer ini digunakan untuk menerima sinyal analog, berfungsi melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Jenis komputer ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan. Contoh penggunaannya melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan pada kegiatan ilmiah.

Ciri-ciri Komputer Analog Adalah :

  • Data yang diolah berupa data kualitatif.
  • Bekerja secara kontinu dan Paralel.
  • Tidak memerlukan bahasa Perantara.
  • Mengolah data dalam bentuk fisik.

Kelebihan Komputer Analog :

  • Kecocokan dalam pengukuran.
  • Pengolahan datanya cepat.

Kekurangan Komputer Analog :

  • Dalam memproses data kurang tepat.
  • Tidak terstruktrur.
  • Tidak multifungsi.

2. Komputer Digital ( Digital Computer )

Jenis komputer kedua yang jika dilihat dari jenis operasionalnya adalah komputer digital. Mungkin anda sudah tidak lagi asing dengan istilah komputer digital ini karena jenis komputer yang satu ini sudah bisa disandingkan dengan jenis – jenis perangkat komputer yang memang sudah digunakan dan dioperasikan pada saat ini.

Jenis komputer digital ini juga sangat identik dengan sistemnya yang mengadopsi sirkuit digital dengan sistem yang dirancang untuk bisa beroperasi dan digunakan pada dua state, yaitu bit 0 Data pada perangkat komputer yang bisa di asumsikan sebagai serangkaian 1s dan 0s.

Komputer digital juga sangat cocok untuk penggunaan sistem komputasi yang kompleks serta memiliki suatu kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi dan stabil. Komputer digital di program untuk ditujukan dalam tujuan umum dan tujuan khusus para penggunanya.

Tujuan umum komputer digital ini bisa mencakup, seperti pengolahan data tertentu sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum yang layaknya dipakai untuk kebutuhan sehari – hari.

3. Komputer Hybrid

Komputer jenis ini dapat menerima dan mengolah data secara kuantitatif maupun kualitatif. Komputer hybrid bisa juga dikatakan gabungan dari komputer analog dan digital. Komputer jenis ini digunakan di rumah sakit dan digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat.

Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya

1. Embedded System

Embedded System adalah sistem komputer yang dirancang khusus untuk tujuan tertentu demi meningkatkan fungsi suatu mesin. Seperti namanya yang mengandung kata “Embedded”, sistem ini digunakan dengan cara ditancapkan ke dalam alat atau mesin yang akan dia kontrol. Karena harus ditancapkan ke mesin lain, maka sistem ini tidak dapat berdiri sendiri.

Sebuah Embedded system memiliki kebutuhan tertentu dan melakukan tugas yang telah diset sebelumnya, tidak seperti PC yang serba guna. Contoh sistem atau aplikasinya antara lain adalah instrumentasi medik, process control, automated vehicles control dan perangkat komunikasi. Embedded system biasanya diimplementasikan dengan menggunakan mikrokontroler.

2. Workstation Computer / Komputer Kantoran

Workstation computer adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Komputer jenis ini adalah komputer public dan biasanya berada pada suatu ruanga kerja atau suatu perkantoran.

Workstation computer mempunyai ciri yaitu terhubung dengan komputer lainnya dan digunakan secara bersama-sama. Komputer kantoran ini biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menjaring informasi sebanyak dan sevalid mungkin, kemudian barulah ada campur tangan oleh karyawan yang andal untuk mengolah informasi tersebut guna memajukan perusahaan yang tengah ditanganinya.

3. Computer Portable (Laptop / Netbook)

Portabel komputer adalah komputer yang mempunyai ukuran kecil sehingga mudah dibawa atau dipindahkan dengan kemampuan yang lebih canggih dan pawerfull. Teknologi pada komputer portable adalah pemadatan komponen – komponen komputer sehingga berukuran sangat kecil. Adapun yang termasuk dalam jenis komputer portable adalah laptop, notebook dan hanheld computer.

Dengan adanya komputer jenis ini, telah terbukti bahwa perkembangan komputer sangatlah pesat. Komputer portable berupa laptop, netbook, notebook dan sejenisnya dengan penemuan baru-baru ini adalah Ultrabook. Komputer jenis ini lebih akrab disebut laptop. Ya, laptop sangatlah praktis untuk digunakan di mana saja. Sebab, bentuknya yang argonomis serta dapat dilipat dan di bawa ke manapun kita pergi. Ini tentu akan sangat membantu kita dalam mengerjakan tugas penting di manapun.

4. Server

Komputer server dirancang untuk menyediakan layanan kepada mesin klien dalam jaringan komputer. Mereka memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan prosesor yang kuat. Komputer server berjalan dengan program yang melayani permintaan klien dan mengalokasikan sumber daya seperti memori dan waktu untuk mesin klien. Umumnya Komputer server ukurannya sangat besar, karena memiliki prosesor yang besar dan banyak hard drive, serta dirancang kebal terhadap kegagalan dan bencana alam.

Sebuah server tunggal dapat melayani beberapa client, dan sebuah client tunggal dapat menggunakan beberapa server. Adapun server yang cukup populer diantaranya Database Server, File Server, Mail Server, Print Server, Web Server, Game Server dan Application Server.

Karena server biasanya digunakan untuk memberi layanan yang diperlukan oleh client secara terus-menerus, maka kebanyakan server tidak pernah dimatikan. Jika server bermasalah bahkan hanya dalam beberapa detik maka akan menyebabkan pengguna jaringan dan perusahaan mengalami banyak masalah.

Oleh karena itu, komputer server umumnya merupakan komputer yang dirancang khusus angar tahan lama, bisa hidup dalam waktu yang lama (bahkan beberapa tahun tanpa harus dimatikan) dan memiliki spesifikasi yang tinggi agar bisa melayani banyak client.

Berdasarkan Tujuan

  • Special Purpose Computer

Special Purpose Computer digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Contohnya : komputer server, PC Router atau Terminal Dumb.

  • General Purpose Computer

Komputer yang umum digunakan pada setiap hari yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan berbagai software yang bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fakta didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur. Contohnya : Desktop, Laptop.

Jenis Komputer Berdasarkan Kapasitas

Ukuran dari komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data seperti kapasitas main memory, konfigurasi dari operand regiter, kecepatan mengolahnya, jumlah dan macam alat-alat input dan outputnya dan ukuran fisik komputer dan ruangan yang dibutuhkan.

1. Mainframe Computer

Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri.

Peralatan CPU dan Storage tersebut dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Terminal yang disambungkan dapat dalam jumlah ribuan sesuai dengan kebutuhan san seri dari komputer mainframenya. Jenis komputer ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.

2. Komputer Mini (Mini Computer)

Komputer mini adalah computer multi-user yang dalam Spektrum komputasi berada diposisi menengah di bawah kelas computer mainframe dan system computer single-user. Isilah komputer mini di zaman sekarang sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilahistilah computer menengah IBM. Contoh computer mini adalah : IBM system/370.

3. Super Komputer

Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.

Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca atau menyadap berbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika.

4. Personal Computer (PC)

Jenis prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau Personal Computer (PC). Komputer ini memiliki semua perangkat IPO yang telah dirangkai menjadi satu. Saat ini PC terus dikembangkan kemampuan dan kegunaannya.

Menurut Bentuk Dan Ukuran Fisik

1. Komputer Desktop

Ukuran fisiknya lumayan kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bahkan sekarang dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.

2. Tower (menara)

Biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya besar sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang di dalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat card tambahan).

3. Komputer Portable

Ukuran fisiknya sedikti lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan. Secara bebas portable artinya mudah dibawa-bawa.

4. Komputer Laptop/Notebook

Adalah komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, ukurannya lebih kecil dari komputer portable, pada komputer notebook semua komponennya dibuat menyatu.

5. Komputer SubNotebook

Ukurannya sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.

6. Komputer Palmtop

Komputer ini dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset kira-kira sebesar kaset video beta. Arus listriknya didapatkan lewat baterai.

Bagian-Bagian Komputer

Komputer dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu Hardware ( perangkat keras ) dan Software ( perangkat lunak )

Hardware (perangkat keras komputer)

  • CPU (Central Processing Unit) – unit pengolah data
  • RAM (Random Access Memory) – Tempat menyimpan data sementara
  • DiskDrive / Harddisk – Tempat menyimpan data
  • Keyboard / Papan ketik

Software (perangkat lunak)

  • Sistem Operasi (OS) yaitu suatu program dasar pada komputer yang menghubungkan hardware dengan si pengguna komputer. Contoh OS : Windows, Mac , Linux
  • Program Komputer Pendukung yaitu aplikasi yang dipasang pada komputer yang didukung sistem operasi.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis komputer dan penjelasannya, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi informasi didalam mengetahui jenis-jenis komputer lengkap dengan penjelasan dan fungsinya.

You Might Also Like