Deretan Museum Paling Aneh Di Dunia

Bila ada yang mengatakan bahwa berkunjung ke museum itu hal yang membosankan atau melelahkan, karena benda-benda yang dipamerkan sudah terbayang masih itu-itu saja. Tentunya itu sebuah pernyataan keliru, perlu anda ketahui bahwa saat ini museum di berbagai belahan dunia terus berupaya agar menjadi tempat mengasikan untuk dikunjungi dan melalui sejarah, kita akan mengenal dan tahu tentang apa yang lebih dulu ada, apa yang sempat hadir dan apa yang telah menghilang.

Hal apapun yang ada saat ini merupakan perkembangan dari sejarah. Begitu pentingnya sejarah sehingga setiap orang wajib untuk tahu agar tidak lupa dengan peristiwa-peristiwa terdahulu. Dan cara-cara mengenal sejarah saat ini juga sudah banyak.

Bukti-bukti nyata sejarah sangat beraneka ragam. Tiap negara pun selalu berupaya untuk menjaga dan merawat baik benda-benda bersejarah yang telah ditemukan. Salah satu contohnya adalah lewat museum. Museum merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan, memajang dan mengkoleksi benda-benda kuno yang memiliki nilai sejarah seperti alat perang, mata uang kuno, kendaraan zaman dulu dan lain sebagainya. Namun ternyata ada juga lho museum unik dan aneh di dunia tepatnya menyeramkan seperti di bawah ini.

1. Museum Musee Dupuytren-Paris, Prancis

Sebuah museum yang sangat aneh dan menyeramkan ditemukan di Paris. Museum ini dipenuhi dengan contoh nyata dari kelainan medis. Musee Dupuytren dibuka pada tahun 1835 oleh ahli anatomi dan ahli bedah Paris. Kerangka dan organ manusia yang dikumpulkan dalam keadaan sakit dan cacat janin.

Koleksi dari museum ini tergolong sangat mengerikan, karena berisi 6.000 jenis, termasuk guci yang diisi cairan khusus yang berisikan bagian-bagian tubuh manusia cacat, kembar siam dan bayi yang lahir dengan organ yang tidak lengkap atau aneh. Ada model lilin dari kepala manusia dengan kista aneh, harelips dan cacat lahir menakutkan yang tak dapat dijelaskan. Tentu saja, ada banyak toples kaca yang diisi dengan otak mengambang dari pasien aphasic yang diawetkan dalam alkohol. Museum ini akan membuat anda selalu merasakan mimpi buruk.

2. The Lingerie Museum

The Lingerie Museum atau dalam bahasa Indonesia disebut Museum Pakaian Dalam nyatanya benar-benar ada di dunia. Pendirinya tak lain adalah Frederick Mellinger seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat yang juga penemu push up-bra. Museum ini juga lebih dikenal dengan nama The Celebrity Lingerie Hall of Fame. Tak heran karena memang isinya juga berbagai macam model pakaian dalam, korset dan lainnya yang pernah dipakai oleh selebritas Hollywood.

Selain itu, perkembangan pakaian dalam dari masa ke masa juga menjadi bagian dari koleksi yang ada di museum aneh ini. Beberapa koleksi dari museum ini yang terkenal adalah bustier yang pernah dipakai artis Marylin Monroe dalam film How To Marry A Millionare, celana dalam milik Tom Hanks dalam film Forrest Gump dan lain-lain. Museum ini terletak di kota Los Angeles, negara bagian California, Amerika Serikat.

3. The Dog Collar Museum – Kent, England

Anjing Anda mungkin tidak akan suka museum ini, namun para penggemar anjing peliharaan mungkin akan tertarik melihat lebih dari 100 desain kalung anjing di sini. Terletak di kastil yang memang sudah menjadi tujuan para turis, yakni Leeds Castle. Galeri di museum ini dikatakan akan menamilkan berbagai keunikan serta sejarah mengenai kalung anjing.

Dimulai dari kalung anjing sejak abad ke-15 yang ditujukan untuk anjing pemburu hingga kalung anjing modern pada zaman sekarang ini yang ditujukan untuk anjing pudel. The Dog Collar Museum bangga menjadi satu-satunya museum yang memiliki koleksi sejenis itu di sepanjang Britania Raya.

4. The Vent Haven Ventriloquist Museum-Fort Mitchell

Vent Haven Museum adalah museum dunia ventriloquial angka dan memorabilia. Ventriloquisme atau Ventriloquism adalah seni berbicara tanpa menggerakkan bibir. Ventriloquisme sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara dari perut. Vent Haven Museum ini didirikan oleh William Shakespeare Berger, seorang pengusaha Cincinnati dan amatir ventriloquist. Berger mengumpulkan koleksi dari tahun 1930 sampai kematiannya pada tahun 1973.

Museum ini berada di Fort Mitchell, Kentucky , hanya lima mil selatan dari Cincinnati, Ohio. Koleksi museum ini berisi lebih dari 700 benda dan karakter boneka dari dua puluh negara yang terkait dengan berbicara dengan perut, termasuk boneka milik Edgar Bergen. Bayangkan saja 700 boneka dalam keadaan duduk di kursi dan menatap dengan mata kosong.

Di sini teman akan menemukan baris demi baris ukiran kayu dummies, fitur mereka menonjol dan baik terukir agar terlihat dari barisan belakang teater. Mata mereka tak henti-hentinya akan mengikuti Anda di seluruh museum, seolah berusaha menghipnotis Anda. Tetap tenang dan mencoba untuk tidak berteriak apalagi sampai berlari

5. Museum Mummies-Guanajuato, Meksiko

Sebuah museum yang sangat aneh dan menghantui dapat ditemukan di kota Guanajuato, Meksiko. 111 mayat mumi laki-laki, perempuan dan anak-anak dipajang di museum ini, banyak dari mumi tersebut masih dalam keadaan mulut menganga, seakan seperti menjerit saat dikubur hidup-hidup. Badan-badan mumi ini awalnya dimasukkan untuk beristirahat selama wabah kolera di wilayah tersebut pada tahun 1833. Mereka secara bertahap digali dari tempat peristirahatan terakhir mereka antara 1865 dan 1958 oleh keluarga yang selamat, mereka tidak mampu atau tidak mau membayar pajak untuk pemakamannya.

Museum mumi semakin berkembang karena wisatawan akan membayar pekerja pemakaman beberapa peso untuk melihat tubuh yang diawetkan yang disimpan di sebuah gedung di kuburan. Saat melihat koleksi mengerikan ini Anda bisa melihat mumi terkecil di dunia, janin dari wanita hamil yang menjadi korban wabah kolera. Mumi lain dan mengerikan mengenakan pakaian lengkap saat dikuburkan, sementara beberapa bertelanjang kaki atau hanya mengenakan kaus kaki saja.

6. Museum Kunstkamera, Rusia

Museum Kunstkamera adalah salah satu museum yang paling terkenal di Rusia. Bukan hanya karena museum ini adalah museum pertama yang ada di Rusia, tapi juga karena koleksinya yang aneh. Bagaimana tidak aneh, kalau koleksinya sebagian besar terdiri dari awetan makhluk hidup yang terlahir dengan bentuk fisik yang tidak biasa?. Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan berbagai alat penyiksaan yang keji seperti kursi hukuman yang penuh paku dan bor kepala. Ternyata museum ini didirikan oleh Peter the Great untuk menghilangkan rasa takut manusia pada monster. Melihat koleksi yang ada, sepertinya memang tidak butuh monster untuk merasa ngeri.

7. Siriraj Medical Museum

Jika Anda berlibur ke Bangkok, Thailand jangan lupa sempatkan untuk mampir ke sebuah museum yang cukup fenomenal ini. Siriraj Medical Museum adalah salah satu objek wisata yang menarik tak hanya untuk wisatawan domestik namun juga wisatawan asing juga. Sesuai dengan namanya, museum ini memang dibangun untuk kepentingan pengetahuan terkait medis.

Namun koleksi yang ada di dalamnya pun memang cukup aneh, seperti anggota tubuh yang dimutilasi, tengkorak kepala manusia yang otaknya mengalami pendarahan, kerangka tubuh bahkan janin yang telah diawetkan juga dipajang! Tak heran karena kumpulan koleksinya yang cukup aneh inipun, museum ini juga dijuluki sebagai The Museum of Death! Siriraj Medical Museum ini memiliki empat bagian yakni museum pengobatan tradisional Thailand, anatomi, patologi dan toksikologi.

8. Avanos Hair Museum, Turki

Cerita mengenai museum ini berawal dari sejak 30 tahun lalu, di mana kawasan Avanos memiliki seorang pembuat tembikar ternama bernama Chez Galip. Saat itu, salah satu sahabat perempuan Galip harus meninggalkan Avanos. Untuk mengusir rasa sedihnya, sahabat Galip memotong rambutnya dan meletakkannya di dalam kendi tembikar buatan Galip.

Sejak itu, perempuan yang mengunjungi toko tembikar milik Galip dan mengetahui tentang cerita ini turut bersimpati dan ikut memotong rambutnya dan menempelkannya di dinding lengkap beserta alamatnya. Setelah bertahun-tahun, akhirnya terkumpul lebih dari 16 ribu jenis rambut perempuan yang berasal dari seluruh dunia. Setiap bulan Juni dan Desember, pembeli pertama di toko Galip akan mendapat kesempatan untuk memilih 10 perempuan yang beruntung memenangkan paket liburan di Cappadocia, Turki dari Galip plus bonus kursus membuat tembikar secara cuma-cuma.

9. The Museum Of Death (Museum kematian) Los Angeles, California, Amerika Serikat

Seperti namanya museum ini menyimpan koleksi terbesar dari karya seni yang diciptakan oleh pembunuh berantai. Jika berkunjung ke Museum of Death yang berada di Los Angeles ini akan mendapatkan pengalaman yang lain dan terkadang benda-benda yang ada di sini akan selalu menjadi ingatan. Foto TKP mengerikan yang sebenarnya, otopsi mayat, jadi untuk yang tidak kuat melihat sesuatu yang menjijikan disarankan untuk tidak berkunjung ke sini.

Gambar kecelakaan mobil yang mengerikan mungkin membuat Anda tidak ingin berada dalam mobil lagi. Ada kamar penuh dengan perlengkapan pemakaman dan instrumen pembalseman, foto eksekusi, pameran grafis menyoroti berbagai kasus pembunuhan dan ruang ketat berpusat pada kematian karena bunuh diri. Masih tidak takut setelah melihat semua ini? Kemudian cobalah menonton video yang mereka miliki di layar yang menampilkan kematian seseorang. Cukup menarik bukan untuk menguji keberanian teman.

10. Museum The Medieval Torture-San Gimignano, Italia

Apakah Anda ingin tahu atau sedang mencari tahu mengapa Abad Pertengahan juga disebut Abad Kegelapan? Siap untuk menjelajahi sisi sadis kemanusiaan dan melihat bagaimana orang yang benar-benar brutal dapat berada di bawah kedok keadilan? Kunjungi Museum Medieval Torture di San Gimignaro, Italia dan menjelajahi koleksi lebih dari 100 perangkat mengerikan, yang memperlihatkan kesadisan yang murni.

Terletak di penjara abad ke-13 Devil’s Tower, teman hampir dapat mendengar rintihan penyiksaan jiwa kuno, angin yang melalui koridor yang sempit dan menatap guillotine saat bekerja, rak jahat yang digunakan untuk meregangkan dan menarik korban hingga terpisah, benar-benar sadis. “Spanish Spider” yang digunakan untuk merobek payudara istri yang berzinah dari tubuhnya dan “heretic’s fork” yang dibuat dengan pisau cukur tajam bak paku yang ditempatkan di bawah dagu korban untuk menjaga dia agar tidak tertidur.

Lihat Maiden benar-benar menakutkan dari Nuremberg, merancang sebuah peti mati dengan pintu ayun dilapisi dengan pisau barbar yang akan menusuk korban secara kejam saat membuka dan menutup pintu. Museum ini tidak hanya menunjukkan kegelapan sebenarnya dari Abad Kegelapan, tetapi juga mengeksplorasi jurang maut dari kegelapan di beberapa jiwa manusia.

Dengan hadirnya museum-museum unik dan aneh ini tentu saja menciptakan keanekaragaman di dunia. Sisi kreatif seseorang membangun museum yang lain daripada lain ini juga patut diapresiasi karena termasuk menjaga dan mengabadikan sejarah. Keberadaan museum-museum ini juga menjadi bukti bahwa tak selalu taman hiburan yang bisa dijadikan andalan berwisata namun museum pun juga bisa!

You Might Also Like