Intuisi, Berikut Penjelasan Dan Cara Melatihnya

Pernahkah anda dihadapkan pada beberapa pilihan dan kemudian anda langsung memilih tanpa berpikir panjang? Mungkin saat itu anda mengandalkan intuisi dan perasaan anda. Intuisi anda berkata bahwa semua akan berjalan lebih baik jika memilih keputusan tersebut. Intuisi dapat datang kapan saja, bahkan ketika anda sedang bermain catur atau pun permainan lain yang membuat anda harus mengambil langkah saat gilirannya, intuisi muncul dan memberikan anda ide terkait apa yang harus dilakukan.

Salah Satu Contohnya: “Suatu hari, anda berangkat ke kantor dengan menggunukan mobil. Mobil anda dari yang melaju dengan cepat tiba-tiba pelan-pelan karena jalanan padat. karna Banyak kendaraan berlalu lalang di jalanan. Semuanya memiliki tujuan yang sama, pergi ke tempat kerja.

Sesampainya di tikungan tak jauh dari kantor anda, suasana berubah. anda melihat pemandangan yang tak lazim. Biasanya, tikungan itu sangat ramai. Biasanya, tikungan itu penuh dengan kendaraan. Tetapi hari ini suasananya sangat lengang dan tak ada satupun kendaraan. Dan, karena keanehan itu, anda pun langsung menginjak rem dengan cepat. Perasaan anda mengatakan ada sesuatu yang tak beres di sana.

Pernahkah anda mengalami kejadian seperti di atas? Kejadian di mana tiba-tiba anda merasakan adanya ketidakberesan. Nah, dalam dunia psikologi, pengetahuan seperti ini dinamakan Intuisi”

Semua orang mempunyai intuisinya masing-masing tetapi tidak semua orang percaya dengan intuisinya. Namun, tahukah anda bahwa ternyata intuisi dapat dijelaskan secara ilmiah? Bahkan berbagai penelitian menyatakan bahwa intuisi adalah jawaban yang paling tepat ketika kita dihadapkan dengan beberapa pilihan.

Apa Itu Intuisi?

Intuisi adalah suatu ide atau gagasan yang muncul dari seorang itu sendiri dan digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan tanpa didahului dengan analisis yang disengaja. Isu tentang intuisi sudah diperdebatkan oleh para filsuf dan ilmuwan sejak zaman Yunani kuno dan baru saat ini para peneliti mengetahui bagaimana intuisi terbentuk dan dari mana asalnya.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa intuisi dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang benar. Contohnya, Penelitian yang dilakukan pada tahun 1980an yang melibatkan para perawat sebagai respondennya, menunjukkan bahwa perawat yang telah bekerja dalam waktu yang lebih lama, dapat membuat keputusan yang cepat tetapi hasilnya baik dan benar. Pada penelitian tersebut, munculnya keputusan yang cepat disebut dengan Intuisi.

Intuisi Pada Manusia

Intuisi berasal dari dalam otak, di dalam otak terdapat dua tipe sistem berpikir, yaitu sistem sadar dan sistem tidak sadar (bawah sadar). Bagian otak yang mengatur sistem sadar manusia adalah otak kiri dan sistem ini bekerja secara lebih lambat, menjadi pusat analisis, rasional, bekerja berdasarkan fakta dan pengalaman yang pernah terjadi, serta semua yang dikerjakan sistem ini diketahui oleh anda. Sementara sistem bawah sadar atau tidak sadar, diatur oleh otak kanan, bekerjanya tidak diketahui secara sadar dan menghasilkan respon yang cepat.

Lalu intuisi berasal dari mana? Intuisi diatur oleh sistem bawah sadar anda. Intuisi sebenarnya juga berasal dari informasi atau pengalaman yang pernah anda alami sebelumnya, namun informasi tersebut berada di alam bawah sadar anda. Ketika intuisi muncul maka keputusan itu adalah keputusan yang muncul dari alam bawah sadar anda. Sehingga, intuisi muncul tanpa anda harus berpikir dengan matang dan menganalisis semua kejadian yang pernah terjadi dan tiba-tiba muncul begitu saja.

Cara Melatih Intuisi

Terdapat berbagai macam cara yang sederhana untuk mempertajam dan mengaasah intuisi yang terdapat pada diri kalian.

A. Bersikap Spontan

Ketika bingung memilih atau mengambil keputusan, tenangkan pikiran dan dengarlah jawaban yang melintas pertama kali dalam pikiran anda. Begitu pula ketika berkenalan dengan seseorang, kita dapat merasakan apakah orang tersebut bisa diajak bekerja sama atau tidak. Penilaian spontan biasanya akan lebih jujur karena berasal dari suara hati (Intuisi).

B. Sadari Perasaan

Intuisi juga dapat ditangkap melalui filing atau emosi. Ketika merasa curiga pada pasangan, biasanya kita cepat-cepat mengusir perasaan itu, ‘Ah, mungkin ini hanya perasaan saya saja.’ Hal ini justru mem-blocking intuisi anda. Bisa jadi pasangan anda memang berselingkuh, tetapi yang jelas ada rasa ketidakpercayaan dalam diri anda sehingga muncul rasa curiga itu. Pesan inilah yang sebenarnya ingin disampaikan oleh intuisi agar anda lebih menyadari terhadap hubungan anda dan bisa mengatasinya sebelum situasi menjadi lebih buruk.

C. Peka Terhadap Sinyal Tubuh

Tubuh kita merupakan pengantar pesan yang sangat kuat. Bila sedang sakit, sebenarnya intuisi anda ingin mengatakan agar anda beristirahat dan lebih merawat diri sendiri. Tetapi tidak anda hiraukan dan makin sibuk dengan aktivitas anda sendiri,  itu salah satu pertanda anda mengambil keputusan yang salah. Sebaliknya, tubuh pun akan memberikan sinyal rasa nyaman, bila anda mengambil langkah yang tepat.

D. Meditasi

Teknik kuno ini akan membantu anda menguasai pikiran anda. Karena “Kejernihan Pikiran” adalah syarat mutlak untuk benar-benar mengetahui dan memahami perasaan, firasat, dan suara hati anda, jadi sempatkan berlatih meditasi setiap hari. Jika anda mengikuti rutinitas ini, segera anda akan melihat bahwa anda tidak lagi khawatir tentang masa lalu anda dan mampu memaksimalkan hidup anda pada saat ini. Keadaan inilah yang akan membantu anda dalam mendengarkan intuisi anda.

E. Belajar Dari Pengalaman Hidup

Semakin banyak anda belajar tentang orang, benda, situasi, maka semakin banyak pengalaman yang akan anda dapatkan dalam hidup. Semakin anda memahami hal-hal di sekitar anda, maka semakin banyak kekuatan intuisi yang akan anda kembangkan dan tentunya semakin baik anda dapat mengikuti intuisi anda

Dengan melakukan kegiatan latihan dengan cara terus menerus, maka disitulah anda  akan mendapatkan sebuah hasil yang maksimal dan sebuah hasil yang anda inginkan. Selain dari itu ada satu lagi tentang intuisi, intuisi tidak akan bekerja dengan baik apabila kondisi atau keadaan sedang Lelah, letih, setres, banyak pikiran, kesal atau keadaan-keadaan yang memang tidak menyenangkan lainnya.

Namun disisi lain, intuisi ini akan bekerja dengan baik dan sebaik mungkin apabila keadaan dan kondisi kita didalam keadaan nyaman, relax, senang, gembira dan kegiatan lainnya yang dapat menyenangkan dan membuat keadaan labih baik dari biasanya

Demikianlah artikel tentang pengertian intuisi yang perlu pahami dan perlu anda ketahui. Terimakasih telah berkunjung dan telah menyempatkan diri dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply