Benarkah Kucing Takut Sama Mentimun? Simak Jawabannya

Kucing memang salah satu hewan peliharaan yang sangat menggemaskan. Jika Anda memeliharanya di rumah, pasti ada saja tingkahnya setiap hari. Kucing yang lucu dengan tingkah laku yang aktif memang membuat kucing ini sebagai hewan peliharaan bagi kebanyakan orang. Tidak hanya itu saja, dalam sebuah penelitian sendiri juga sudah berhasil membuktikan jika memang kucing mampu menghilangkan stres yang dialami atau diderita oleh manusia.

Mungkin sebagian dari kita pernah melihat video-video pendek yang beredar di sosial media atau Youtube, dimana video pendek ini memperlihatkan seorang pemelihara kucing yang menakut-nakuti kucingnya dengan sebuah timun. Sang pemilik pun meng-upload video tersebut di sosial medianya. Jika Anda pernah melihat videonya pasti Anda akan tahu apa saja hal yang terjadi di dalam video tersebut.

Dari video tersebut diketahui bahwa kucing takut timun. Video tersebut pun menjadi viral di Youtube dan sosial media. Video kucing yang takut dengan timun membuat orang bertanya-tanya kenapa bisa kucing takut timun? Artikel kali ini akan membahas hubungan antara kucing dan timun.

Alasan Kucing Takut Sama Mentimun

Ketakutan kucing itu bukan akibat ciri khusus yang dimiliki oleh mentimun tetapi lebih pada situasi yang awam bagi kucing-kucing itu. Dr. Roger Mugford, spesialis tingkah laku hewan, mengungkapkan bila reaksi berlebihan pada kucing saat melihat mentimun terjadi akibat melihat hal baru yang tidak terduga dengan keberadaan yang senyap dari arah belakang kucing ketika sedang asyiknya makan.

Kucing merupakan predator yang memiliki sifat berburu bahkan mendeteksi bahaya sekalipun. Kucing akan menaruh curiga ketika ada hal yang membahayakan dirinya atau membuatnya terusik. Begitu pula dengan keadaan yang tiba-tiba terjadi tanpa diduga sebelumnya. Tentu saja ini berlaku untuk keberadaan mentimun di belakang kucing ketika sedang asik makan atau melakukan hal lain.

Kucing terbiasa melihat hal yang bergerak-gerak, sedangkan mentimun bersifat pasif atau tidak dapat bergerak. Tentu melihat hal itu kucing akan menaruh curiga bahkan menghindari bahaya dari mentimun tersebut. Apalagi jika hal tersebut terjadi tiba-tiba dan tidak diduga oleh si kucing. Ketika kucing melihat sesuatu hal yang dicurigai kucing akan mengeluarkan suara yang keras, melompat, lari tanpa tujuan, berancang-ancang untuk melawan atau mendekati yang dicurigai dengan berhati-hati. Tentu hal ini mudah diamati bagi yang memiliki kucing.

John Bradshaw, beliau yang merupakan seorang ahli Behavioristik dari University of Bristol ini beranggapan bahwa hubungan antara kucing dan timun yang menyebabkan kucing ketakutan adalah sebuah respon alami yang akan dilakukan oleh kucing saat ada benda yang membuatnya kaget. Bradshaw berpendapat bahwa kucing merasa aneh saat melihat timun yang hanya diam saja di lantai. Warna timun yang hijau itu mungkin dianggap sebagai ular yang berbahaya bagi kucing. Jadi itulah alasan mengapa kucing takut dengan timun.

IFL Science akhirnya turut memberikan pendapat tentang apa yang membuat kucing takut dengan timun. Sebenarnya respon kucing itu bukanlah pertanda bahwa kucing takut dengan timun. Sebenarnya kucing merasa kaget dan aneh akan sesuatu yang berada di sekitarnya secara tiba-tiba dan bahkan seperti sedang mengendap di lantai juga. Kejadian tersebut bukan hanya terjadi pada timun saja, namun apapun yang sifatnya aneh dan tiba-tiba bagi si kucing. Berikut adalah bahaya menakuti kucing dengan mentimun.

1. Bisa Mengakibatkan Kucing Stres Berat

Pam Johnson-Bennett yang merupakan penulis buku dari, Think Like A Cat, mengungkap jika sikap majikan yang jahil dan menganggap jika hal itu sebuah lelucon, harusnya sadar jika tindakan sang majikan bisa menyebabkan kucing kaget mendadak dan mengalami stres berat. Pam sendiri juga mengungkap jika kucing tak hanya takut dengan mentimun saja, melainkan takut dengan apapun yang ada di belakangnya di saat ia selesai makan. Masalahnya, memang kucing itu memiliki rasa penasaran dengan apa yang ada di sekelilingnya.

2. Bisa Terjadi Kecelakaan

Menakuti kucing itu sendiri menurut Dr. Roger juga bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. Timun bisa saja dianggap sebagai ular hijau yang beracun menurut kucing. Yang mana, jika melihat ular hijau beracun tersebut, kucing pasti akan takut dan sontak terkejut saat berada di dekatnya. Bisa saja saat melompat atau lari terpentuk meja dan tentu akan berakibat fatal dalam jangka panjang bagi psikologi atau mental kucing.

Jadi, berhentilah menakut-nakuti kucing Anda dengan mentimun. Karena kucing juga makhluk hidup yang butuh akan kasih sayang dan diperlakukan sewajarnya. Oleh karena itu, silahkan bercanda dengan si kucing tetapi jangan terlalu berlebihan dengan tidak memikirkan perasaan si kucing.

Kesimpulan

Mencoba untuk membuat si kucing terkejut bukanlah satu-satunya cara untuk menjadikan si kucing sebagai hiburan kita, karena hal seperti itu dapat berakibat fatal seperti halnya menjatuhkan barang-barang dirumah kita mungkin yang berupa piring atau hiasan yang merupakan pecah belah dan melukai si kucing itu sendiri, bahkan hal seperti itu dapat membuat si kucing jatuh pada situasi stress dan trauma berkepanjangan mengingat mereka hewan yang memiliki memori cukup baik

Menurut Pippa Hutchison, ilmuwan tingkah laku hewan, aksi kucing terkejut saat melihat kucing ini bukanlah sesuatu yang lucu atau pantas menjadi hiburan. Alasannya, terkejutnya si kucing akibat mentimun itu adalah bentuk dari stres.

Ketika si kucing melihat pemilik meletakkan mentimun di lantai, hal itu bisa merusak hubungan Anda dengan si kucing,” lanjut Hutchison.

Hutchison mengatakan bila keterkejutan si kucing membuat sistem saraf simpatiknya memicu jantung berdetak lebih cepat. Oleh karena itu, mengulangi aksi mengageti dengan mentimun disebut bisa memberikan dampak merusak bagi tubuh si kucing, termasuk hubungannya dengan si pemilik.

Kucing tidak memiliki akal untuk berpikir logis dengan apa yang terjadi. Tetapi kucing hanya berfikir untuk menyelamatkan dirinya dari bahaya. Ketika Anda melakukan hal tersebut kucing akan mengingatnya dan tidak akan berpikir bahwa yang melakukan hal itu adalah Anda dengan maksud candaan. Si kucing hanya berfikir bahwa ada bahaya yang membuatnya terancam, bisa jadi si kucing akan menghindari daerah pemiliknya karena mengetahui bahwa ada bahaya disana.

Jika si kucing mengetahui Anda yang melakukannya tapi tidak mengetahui bahwa itu hanyalah candaan. Maka si kucing akan menghindari bahkan mewaspadai Anda, tentu hal tersebut bukanlah yang diinginkan bagi pemilik kucing. Dan itu akan merusak hubungan kucing dengan pemiliknya. Kucing juga merupakan makhluk hidup. Dimana jika kucing banyak dikejutkan maka akan stres dan jika stres itu sering dialami maka itu akan merusak tubuh si kucing

Jadi, berhentilah menakut-nakuti kucing Anda dengan mentimun karena kucing juga makhluk hidup yang butuh akan kasih sayang dan diperlakukan sewajarnya. Oleh karena itu silahkan bercanda dengan si kucing tetapi jangan terlalu berlebihan dengan tidak memikirkan perasaan si kucing.

You Might Also Like