Alasan Kenapa Tulisan Ambulance Terbalik Dan Sejarahnya

Ambulance adalah kendaraan transportasi orang sakit atau cidera, dari satu tempat ketempat lain guna perawatan medis. Istilah Ambulance digunakan untuk kendaraan yang digunakan untuk membawa peralatan medis kepada pasien diluar Rumah Sakit atau memindahkan pasien ke Rumah Sakit untuk perawatan lebih lanjut. Kendaraan ini dilengkapi dengan sirine untuk menembus kemacetan di jalan raya.

Sejarah Ambulance

Istilah Mobil Ambulance berasal dari Ambulare kata Latin yang berarti berjalan atau bergerak yang merupakan referensi ke perawatan medis awal di mana pasien dipindahkan dengan mengangkat atau berputar. Sejarah Ambulance ini dimulai pada zaman kuno dengan menggunakan gerobak untuk mengangkut pasien. Ambulance pertama kali digunakan untuk transportasi darurat di Spanyol, 1487.  Meskipun istilah yang lebih tepat adalah gerobak Ambulance. Mobil Ambulance kata aslinya berarti sebuah Rumah Sakit bergerak yang mengikuti tentara dalam gerakannya. Kemudian istilah ini disebut sebagai area Rumah Sakit di mana gerobak Ambulance untuk mengangkut pasien.

Pembuatan Mobil Ambulance

Kendaraan tersebut memberikan solusi yang sangat membantu bagi orang yang membutuhkannya. Tapi, apakah anda tahu siapa orang yang memberikan ide untuk membuat mobil Ambulance? Mobil Ambulance pertama kali di cetuskan oleh Dominique-Jean Larrey sebagai buah kepedulian terhadap para tentara yang terluka saat di medan perang.

Pada akhir tahun 1700-an Larrey, yang saat itu menjabat sebagai kepala ahli bedah angkatan bersenjata Napoleon dari Perancis, dia melihat banyak sekali prajurit yang terluka di medan perang dan harus dibawa ke Rumah Sakit. Tapi sayang nya, kebanyakan dari mereka meninggal dunia saat mau dilarikan ke Rumah Sakit. Larrey merasa sangat prihatin dengan kondisi tersebut.

Namun Larrey tak tinggal diam dengan keadaan tersebut, ia memutar otak untuk mengatasi permasalahan tersebut. Lalu ia mendesain sebuah kereta kuda yang mempunyai ruang untuk pasien yang di dalam nya sudah dilengkapi tenaga medis. Kereta kuda inilah yang di anggap sebagai cikal bakal Mobil Ambulance pertama di Dunia.

Saat perang Dunia berlangsung, tepat nya pada tahun 1862, Ambulance menjadi alat transportasi utama angkatan bersenjata Amerika Serikat untuk membawa tentara mereka yang terluka di medan perang untuk di bawa ke Rumah Sakit. Tiga tahun kemudian, sebuah Rumah Sakit komersial Cincinnati sudah menggunakan Ambulance untuk alat transportasi utama saat membawa para pasien mereka ke Rumah Sakit nya. Kemudian di tahun 1899, tepat nya di kota Chicago, di kota ini lah untuk pertama kali nya Mobil Ambulance bertenaga mesin di operasikan.

Dengan berkembangnya teknologi, kini Mobil Ambulance sudah menjadi alat transportasi utama untuk mengantar pasien ke Rumah Sakit terdekat. Agar, Ambulance bisa melintasi keramaian dengan mudah, Ambulance sudah di lengkapi dengan sirine sebagai tanda bagi pengguna jalan lain agar bisa memberikan jalan.

Mobil Ambulance lahir dari sebuah keprihatinan dari seorang dokter kepada pasiennya. Keprihatinan itu membuahkan sebuah hasil penemuan yang luar biasa yang hingga kini dapat membantu sesama. Saat ini Ambulance sudah menjadi alat transportasi utama bagi sang pasien untuk mendapatkan pertolongan pertama selama perjalanan nya ke Rumah Sakit.

Mengapa Tulisan Ambulance Terbalik?

Mobil Ambulance merupakan salah satu mobil pelayanan masyarakat yang secara umum tersedia di Rumah Sakit atau klinik kesehatan untuk membawa pasien yang dalam keadaan kritis. Kata “AMBULANCE” yang dicetak terbalik dalam mobil pelayanan masyarakat ini, sering kali menjadi pertanyaan oleh banyak orang “Kenapa Tulisan Ambulance Terbalik?“. Selain itu, tulisan terbalik tersebut kenapa hanya ada di depan mobil saja?

Perhatikan gambar mobil Ambulance dibawah. Tampak jelas jika kita melihat secara langsung agak sulit membacanya. Tapi ya begitulah kenyataannya kalo memang mobil Ambulance tulisannya terbalik, khususnya kata “AMBULANCE”  hanya di depan mobil saja.

Sedikit penjelasan mengapa tulisan Ambulance terbalik. Bahwasanya, ketika mobil Ambulance sedang melaju dengan kecepatan tinggi dan sedang membawa pasien dengan keadaan kritis, mobil Ambulance akan selalu menyalakan sirine dengan keras agar mobil-mobil dan sepeda motor yang berada di depannya dapat segera memberi jalan kepada mobil Ambulance tersebut, agar dapat segera membawa pasien yang sedang dalam keadaan kritis tersebut bisa secepatnya mendapat pertolongan di Rumah Sakit.

Pengemudi mobil yang berada di depan mobil Ambulance tidak mungkin menoleh ke belakang untuk melihat mobil apa yang menyalakan sirine dan meminta jalan. Pengemudi mobil biasanya melihat dari kaca spion, Seperti kita ketahui sifat bayangan kaca spion seperti cermin datar pada umumnya adalah maya dan terbalik (kiri menjadi kanan dan kanan menjadi kiri) terlihat jelas tulisan yang tadinya terbalik (ECNALUBMA) akan terbaca jelas Ambulance.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar dibawah ini nampak mobil Ambulance dari kaca spion mobil didepannya. Sehingga tulisan Ambulance yang tadinya terbalik, akan terlihat tidak terbalik dan dapat dibaca dengan jelas, khususnya untuk pengemudi mobil yang berada di depan mobil Ambulance.

Sekarang anda sudah tahu alasan kenapa tulisan Ambulance di depan mobil ditulis terbalik dan Sejarah singkatnya. Semoga sekarang anda sudah tidak penasaran lagi.

You Might Also Like