Mengenal DJ (Disc Jockey), Musiknya Kaum Muda

Seorang DJ atau disc jockey adalah seorang yang terampil dalam memilih dan memutar rekaman musik untuk para pendengar yang menginginkan. Seorang Dj adalah seseorang yang hidup dengan memainkan, meracik, memodifikasi dan menghibur audiensnya dengan memutar lagu-lagu yang diatur sedemikian rupa tanpa putus/continue, sehingga orang yang mendengarnya pun akan senantiasa terhibur.

Seorang DJ adalah individu yang mengerti dan memiliki kreatifitas dalam musik. Bukan hanya itu, mereka sangatlah terampil dalam menyeleksi lagu-lagu yang disusun secara teratur dalam rangka menciptakan sebuah ‘musical journey’, dimana DJ mencoba untuk membawa para pendengarnya masuk ke dalam sebuah perjalanan musik.

Sejarah Disc Jockey

Awal mula DJ (Disc Jockey) pertama kali lahir pada tahun 1940, pada saat itu bukan alat Turntable seperti sekarang ini, pada tahun tersebut, ada seorang penyiar radio yang menyusun lagunya dan di putar sampai tidak berhenti, lalu penyiar tersebut mendapat banyak komentar dari para pendengar di radio WNEW.

Beberapa hari kemudian, banyak para pendengar meminta kepada ketua pimpinan radio WNEW untuk menampilkan secara langsung penyiar radio tersebut, penyiar radio tersebut bernama Martin Block dan pada saat itu dia dijuluki oleh para pendengar sebagai DJ (Disc Jockey) atau orang yang ahli dalam membuat sekaligus menyambungkan lagu. Untuk alat yang digunakan seorang DJ pada zaman tersebut adalah piringan hitam atau biasa di sebut “Cakram (Disc)”, maka dari itu seorang pencampur lagu disebut Disc Jockey.

Stasiun Radio  Di Los Angels Menjadi Buktinya

Latar belakang DJ Jimmy Savile yang lahir pada tahun (1926) sangat terkenal dalam acara TV BBC bernama Jim”ll Fix It yang mengabulkan permintaan fansnya yang saat itu kebanyakan anak-anak. Pada tahun 1947 dia menjadi DJ pertama yang menggunakan turnable kembar untuk memutar lagu secara bersambung dan tidak putus setelah dia membayar seorang pekerja logam setempat untuk mengelas dua deck rekaman menjadi satu.

Sedangkan untuk di Indonesia sendiri DJ baru masuk pada tahun 1970-an karena pada tahun tersebut mulai bermunculan pesta atau party kecil yang dibuat di rumah. Sehingga mulai lah bermunculan para DJ yang siap untuk menghibur mereka yang berpesta. Pada saat itu DJ di Indonesia belum melakukan mixing walaupun mereka sudah menggunakan Turntable dan piringan hitam, dikarenakan pada saat itu mixer masih sangat langka di Indonesia.

Setelah DJ Radio sudah mulai berkembang dengan pesat, maka muncullah para generasi selanjutnya yaitu DJ Club seperti kebanyakan DJ pada zaman yang sekarang ini. DJ Club yang dimaksud adalah DJ yang bermain atau memainkan lagu di lokasi rumahan, Club kecil atau di pesta besar seperti di stadion atau club besar.

Teknik Dalam Memainkan DJ

Ada berbagai macam teknik yang dapat diterapkan oleh seorang DJ untuk memanipulasi musik yang telah direkam sebelumnya. Disini termasuk mencampur suara (audio mixing), cueing, slip-cueing, phrasing, memotong musik (cutting), beat juggling, menggesek (scratching), menyamakan ketukan (beatmatching), menjatuhkan jarum (needle drops), menggeser fasa (phase shifting) dan masih banyak lagi.

Peralatan Yang Diperlukan Untuk Seorang DJ Untuk Menjalankan Aksinya.

  • Rekaman suara dalam berbagai medium (seperti piringan hitam, CD, file MP3 dsb).
  • Paling tidak mempunyai dua macam peralatan untuk memutar kembali (playback) rekaman-rekaman suara tersebut dan untuk tujuan memilih memainkan kembali rekaman secara maju mundur (seperti record players, compact disc players, mp3 players).
  • Sebuah sistem tata suara (Sound System) untuk menguatkan dan memperbesar volume suara (Seperti portable audio system, radio wave broadcaster).
  • Juga peralatan penunjang lain seperti sebuah pencampur (mixer) yang digunakan untuk mennyelaraskan dua atau lebih peralatan playback. Sebuah mikropon yang digunakan untuk menguatkan suara manusia dan headphone yang digunakan untuk mendengarkan rekaman sambil memutarkan player yang lain, tanpa kehilangan kontrol suara yang didengarkan pendengarnya adalah sangat diperlukan. Macam-macam peralatan juga dapat ditambahkan , termasuk samplers, drum machines, effects processors, slipmats dan Computerized Performance Systems.

Macam-Macam Aliran Dj

1. House Music

House music ini merupakan sub-genre EDM yang paling populer saat ini. Hampir semua musik Top 40 dipengaruhi house music, begitu pula sebaliknya. Genre musik ini berasal dari kota Chicago, Amerika. Kata “House” sendiri diambil dari nama sebuah kelab malam di kota itu, The Warehouse. Ciri khas house music adalah tempo yang upbeat, groovy dan kadang didominasi oleh kord piano dengan tempo sekitar 126-128 BPM. House Music ini sebenarnya masih memiliki sub-genre lagi, seperti Acid House, Electro House, Dutch House, dll

2. Trance

Trance berarti keadaan ketika berada di alam bawah sadar. Sesuai namanya, musik trance ini bisa membuat terasa terhipnotis dan merasa senang atau sedih. Sensasi emosional ini tercipta melalui kombinasi berbagai ritme dan layer musik dengan melodi dan vokal yang repetitif. Trance merupakan genre EDM yang berkembang di Jerman pada awal dekade 90-an. Karakteristik utama musik ini adalah tempo yang berkisar dari 125-160 BPM serta alur yang naik turun.

3. Techno

Seperti namanya, techno berarti mengedepankan ragam suara berteknologi dalam musiknya. Genre ini sendiri muncul di Detroit pada awal 1980. Sebagai bagian dari genre musik EDM, ciri khas musik techno ialah penggunaan berbagai teknologi baru dalam dunia musik. Sebagian besar musik techno merupakan kombinasi synthesizer, hentakan drum serta sequencer. Musik techno ini bisa dipakai sebagai tolak ukur kecanggihan teknologi di genre EDM yang menjadi berbeda di setiap zamannya.

4. Dubstep

Konon katanya dubstep ini adalah ide kreatif dari sang artis yang muncul saat mendengar suara mesin. Dubstep pertama kali diperkenalkan di London pada akhir tahun 90-an. Musik ini punya sound yang khas serta komposisi bass yang nggak beraturan dan terdistorsi. Karakteristiknya dubstep berjalan pada tempo 140 BPM dan mendadak bisa turun setengahnya.

Tipe – Tipe DJ

Ada beberapa tipe DJ yang berkembang saat ini. Sebut saja seperti club dj, mobile dj, radio dj dan banyak macam lainnya. Tipe-tipe Dj ini sebenarnya di kategorikan karena perbedaan tujuan music, tempat, peralatan dan beberapa hal lainnya. Misal saja club dj bisa dikategorikan sebagai seorang DJ yang bermain di club dan memutar musik agar para pendengar dapat menikmati musik sambil berdansa. Kalau radio DJ biasanya bermain di studio radio kemudian musik di pancarkan lewat gelombang radio dan didengarkan oleh pendengarnya lewat radio.

1. Radio DJ

Seorang Disc Jockey radio adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik yang kemudian disampaikan kepada pendengar melalui gelombang radio. Dalam pekerjaannya seorang radio DJ memilih, memutar requests dan membuka open dialog kepada pendengarnya melalui sms, telephone atau email.

Di Indonesia radio Dj ini cukup pesat perkembangannya, hampir disemua kota di Indonesia ada radio Dj nya dan terus berkembang. Seorang radio DJ biasanya dituntut lebih untuk selalu komunikatif dan up to date dengan berita yang sedang beredar.

2. Bedroom DJ

Seseorang yang mempunyai peralatan Dj (seperti turntables, mixer, CD decks ) dan mempunyai kesabaran untuk musik, namun tidak dimainkan di tengah keramaian publik seperti di club atau acara music show alias sebatas hobi saja. Biasanya bedroom DJ bermain untuk acara-acara private sendiri seperti pada pesta ulang tahun atau party bersekala kecil dan didengar untuk kalangan sendiri atau untuk keluarga dekatnya.

3. Club DJ

Seorang DJ Club adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik dalam sebuah setelan sound system club. DJ tipe Ini yang biasanya kita temui di club-club malam seperti diskotik, bar, cafe atau resto. Seorang Club DJ biasanya adalah sebagai resident atau DJ tetap di club tempat dia bermain. Jenis musik untuk kebanyakan club Dj ini adalah house, trance, hiphop atau urban music. Saat ini tipe DJ inilah yang paling umum selain radio DJ yang berkembang di Indonesia.

4. Mobile DJ

Pada awal mulanya seorang Mobile DJ adalah satu perluasan dari Radio DJ. Mereka melaksanakan perjalanan atau meneruskan perjalanan keliling dengan peralatan DJ dan sound sistem yang bisa di bawa kemana-mana dan mereka bermain dari satu lokasi berpindah kelokasi lain seperti pesta prom night sekolah atau wedding party.

Beginilah perkembangan DJ di dunia sampai dengan saat sekarang yang telah meluas ke seluruh dunia dan mendapat fans dari kaum muda sampai kaum yang sudah berumur. Semoga menambah wawasan anda.