Misteri Di Indonesia Yang Menggemparkan Dunia

Misteri di Indonesia yang menggemparkan dunia ada beberapa macam dan sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengungkap sisi misterius yang dimiliki Indonesia ini. Tapi hanya beberapa di antaranya saja yang akhir bisa terkuak atau terjawab, bahkan misteri tersebut pernah menjadi perhatian publik.

Ada sebuah naskah yang mengatakan bahwa sebagian besar penduduk di Afrika adalah berasal dari Indonesia, bahkan ada juga yang mengatakan candi di Cianjur menjadi candi tertua di Bumi ini, hal ini masih menjadi misteri di Indonesia yang belum terpecahkan sampai saat ini. Pertanyaan yang belum ada jawaban ini bukan hanya meninggalkan penasaran untuk penduduk indonesia saja, tapi juga penduduk di dunia. Untuk lebih jelasnya mari kita simak hal berikut ini.

1. Kapal Hantu “Ourang Medan”

Sebuah cerita misteri di Indonesia yang terkenal adalah kapal hantu Ourang Medan, berita ini muncul pada tahun 1947, pada saat kapal Amerika yang bernama City of Baltimore dan Silver Star sedang berlayar di selat malaka kemudian menemukan sinyal darurat dari sebuah kapal dagang belanda dan mengaku Ourang Medan.

Kapal tersebut memberikan sinyal kepada beberapa kapal terdekat yaitu City of Baltimore dan Silver Star, bahkan sinyal ini didengar oleh pos pemantau kapal Belanda yang ada di selat malaka. Kemudian para operator melacak sumber sinyal tersebut yang ternyata juga berada di selat malaka, kemudian mereka menyuruh kapal Silver star untuk mendekat karena hanya kapal tersebut yang berada dekat dengan kapal Ourang medan, dan akhirnya setalah berlama mencari kapal tersebut ditemukan.

Setelah kapal Silver Star mendekat dan kru mencoba mengecek bagian kapal, misteri pun terjadi, semua orang mati dengan bentuk yang mengerikan, semua jasad memiliki mata melotot tanpa bekas kekerasan sedikitpun. Diceklah semua ruangan yang ternyata tidak ada orang satu pun di kapal tersebut, kemudian kapal Silver Star mencoba menderek kapal tersebut ke permukaan pantai agar diteliti lebih lanjut, namun sebelum diderek kapal itu meledak dengan sendirinya dan menjadi misteri hingga saat ini. Akhirnya cerita kapal hantu Ourang Medan menyebar dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Banyak dijadikan artikel di majalah-majalah kisah misteri. Bahkan kisah misteri kapal Ourang Medan pernah muncul dalam “Proceedings of the Merchant Marine Council US Coast Guard edisi Mei 1952”

2. Misteri Tjipetir

Tracey Williams saat musim panas tahun 2012, adalah seorang warga Negara Inggris yang menemukan balok karet bertuliskan Tjipetir di pantai Newquay. Seminggu kemudian, dia menemukan lagi benda yang sama di bagian pantai yang lain. Penasaran, dia menyelidikinya secara amatir. Hasil sementara, balok-balok karet dari getah perca tersebut berasal dari kapal yang tenggelam ketika Perang Dunia I atau Titanic.

Tracey lalu mengunggahnya di Facebook. Hasilnya dia mendapat laporan penemuan benda yang sama diantaranya dari Wales, Shetland, Kep. Channel, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, hingga Denmark. Dua orang yang enggan menyebutkan namanya, meneleponnya dan memberitahu bahwa balok-balok karet tersebut berasal dari kapal Jepang bernama Miyazaki Maru.

Tracey Williams, asal Newquay, Cornwall, Inggris mencoba memecahkan misteri tersebut. Dia melacaknya dari kata “Tjipetir” dan hasilnya dia menemukan bahwa kata tersebut sesuai dengan nama sebuah kebun karet di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia yang beroperasi dari akhir abad ke 19 sampai awal abad ke 20. Saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Ternyata, benda kenyal tersebut sejatinya bukanlah karet, tapi mirip dengan Gutta-percha atau getah perrca (lateks koagulasi dari cairan getah murni yang bisa mengeras dan berasal dari pohon Sapotaceae. Umumnya pohon ini banyak terdapat di semenanjung Malaysia.

Pada abad ke 19 sampai pertengahan abad ke 20, bahan ini dipergunakan sebagai insulasi kabel telegraf yang melintang di dasar laut.Kemudian Wiliams menyebarkan hasil temuan ini di laman Facebook miliknya. Orang-orang pun semakin ramai merespon temuannya ini.Benda persegi itu ternyata tidak hanya di temukan di Inggris dan Wales saja, tapi sampai ke Shetland, Islands, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark. Dan beberapa orang juga melaporkan benda persegi tersebut.Diperkirakan balok “Tjipetir” itu merupakan tumpahan kargo kapla milik Jepang Miyazaaki Maru yang tenggelam pada bulan Mei 1917 saat perang dunia 1.

3. Misteri Penduduk Madagaskar

Penduduk Madagaskar diyakini merupakan pendatang. Beberapa ahli meyakini bahwa orang Indonesia yang pertama kali mendiami pulau tersebut sekitar 2000 tahun yang lalu. Beberapa ahli lainnya meyakini bahwa penduduk Madagaskar adalah campuran antara orang Indonesia dan Afrika yang tiba pada masa lebih modern. Pada tanggal 21 Maret 2012, jurnal Proceedings of the Royal Society B menyimpulkan bahwa nenek moyang penduduk Madagaskar adalah orang Indonesia.

Yang membuat hal ini jadi tidak biasa adalah pulau ini (Madagaskar) terletak sangat jauh dari Indonesia. Dan juga pulau ini dihuni paling belakang dibandingkan dengan pulau lainnya yang sudah lama dihuni, kata peneliti dari Massey University Selandia Baru, Murray Cox, pada situs sains LiveScience.

Para wanita Indonesia yang datang ke pesisir benua Afrika itu diperkiraan 1200 tahun yang lalu akibat kapal yang mereka tumpangi tenggelam waktu itu. Simulasi komputer juga menunjukkan bahwa pemukiman pertama di Madagaskar ada pada tahun 830 Masehi, dimana saat yang bersamaan berkembangnya perdagangan di Indonesia di bawah kerajaan Sriwijaya.

Faktor lain yang menunjukan kontribusi Indonesia di pulau Madagaskar yaitu bahasa. Dari segi lingguistik, orang di Madagaskar bicara dalam bahasa yang asal usulnya bisa dilacak hingga ke Indonesia yang berakar dari bahasa Jawa, Melayu atau Sansekerta. Bukti lain pengaruh Indonesia di Madagaskar adalah penemuan perahu cadik, peralatan besi, instrumen musik seperti gambang dan Juga peralatan makan yang sangat “tropis” serta sistem pertanian seperti padi, pisang, ubi jalar di sela-sela hutan.

4. Benua Atlantis Adalah Indonesia

Misteri di Indonesia selanjutnya adalah penemuan yang membuat dunia bertanya-tanya dan tidak percaya. Ada sebuah argumen yang menyatakan jika benua atlantis adalah Indonesia, walau hal tersebut belum mendapatkan persetujuan dari berbagai belah pihak namun pernyataan ini banyak mengguncang dunia.
Diperkiraan peradaban dengan teknologi maju memiliki angkatan laut yang menaklukan Eropa dan Afrika 9000 tahun waktu solon ( sekitar tahun 9500 SM). Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis akhirnya tenggelam ke dalam samudra dalam waktu satu hari satu malam.

Meskipun banyak yang mengangap apa yang diungkapkan Plato hanyalah kiasan, tapi banyak ilmuwan yang berusaha mengungkap keberadaan Atlantis ini. Walaupun banyak yang sudah mengklaim sudah menemukan letak Atlantisnya, seperti di Spanyol, Kepulauan Mediterania, Gurun Sahara, Amerika Tengah, Antartika, Afrika, atau Samudera Atlantik. Tapi itu hanya sebatas spekulasi tanpa dibarengi bukti.

Tapi, menurut penulis Brasil Arysio Santos, Atlantis tidak kunjung ditemukan disebabkan mereka mencarinya di tempat yang salah. “Atlantis itu ada di Samudera Hindia, di belahan lain Bumi,” kata dia. Pria berlatar belakang fisika nuklir itu memperkirakan Indonesia sebagai lokasi Atlantis.

Dalam bukunya, “Atlantis the Lost Continents Finally Found”, Santos mengemukakan Atlantis berada di “the most volcanic region in the world” atau wilayah yang paling banyak gunung berapinya. Dan, seperti dikutip dari Atlan.org, Indonesia terdiri dari ribuan gunung berapi yang berubah menjadi pulau-pulau.

Indonesia juga dikenal pernah mengalami bencana letusan gunung Krakatau dan Tambora. Bahkan, Danau Toba yang ada di Sumatera merupakan bekas salah satu kawah gunung berapi. Menurut Santos, Letusan beberapa gunung berapi secara bersamaan, kemudian menyelimuti permukaan bumi dan mencairkan es yang memicu ombak raksasa yang menenggelamkan Atlantis.

5. Lukisan Di Gua Kontilola

Berpindah ke daerah ujung timur Indonesia, tepatnya di Lembah Baliem, Wamena, Papua, ada sebuah gua yang mempunyai sejuta daya tarik, yaitu Gua Kontilola. Di dalam gua tersebut selain terdapat banyak kelelawar, juga ada sebuah ceruk yang membentuk mirip aula raksasa yang ditumbuhi tanaman lebat seperti hutan tapi dalam gua.

Selain itu, disini ada juga sungai bawah tanah yang tidak bisa dikunjungi tanpa peralatan yang memadai. Ada juga lukisan seperti orang manusia berdiri dan diperkirakan berumur ribuan tahun di dinding-dinding gua tersebut. Tapi yang membuat lukisan tersebut menarik sekaligus misterius yaitu posisinya terletak di di bagian-bagian tinggi di dalam gua tersebut.

Secara logika, di zaman purba, tentunya tidak mungkin ada manusia yang dapat memanjat dinding gua lalu kemudian melukis di sana tanpa menggunakan peralatan yang memadai. Menurut pemandu Gua Kontilola, lukisan-lukisan tersebut bukan dibuat oleh manusia karena warga sekitar mempercayainya bahwa hal itu dibuat oleh orang-orang dari luar bumi yang datang ke tempat tersebut.

Tapi, penjelasan paling ilmiah sampai sekarang ini yaitu lukisan tersebut dibuat oleh manusia purba yang tinggal di Lembah Baliem, tapi tidak menjelaskan bagaimana orang purba tersebut berhasil memanjat dinding gua yang tinggi tanpa peralatan yang memadai.

6. Benteng Raksasa Di Dasar Laut Papua

Masih di Papua, kali tentang tembok raksasa yang mirip sebuah benteng di dasar laut Papua.Tepatnya di lepas pantau utara Papua. Tembok tersebut diperkirakan mempunyai panjang kurang lebih 110 km dengan tinggi sekitar 1.860 meter dan lebar 2.700 meter dan mempunyai bentuk yang lurus sempurna.

Untuk melihatnya dapat menggunakan Google Map dengan koordinat 1°59’46.9”S dan 141°29’24.6239”E. Tapi sayang, pada tahun 2012 lalu, pihak Google menghilangkan gambar tersebut mulai bulan Januari 2012 lalu tanpa alasan. Memang tidak ada penjelasan apapun atau penelitian lebih lanjut untuk menguak misteri tembok atau benteng raksasa di Papua ini, tapi jika dipikir secara kasar, dahulu kala sebelum zaman es mencair, daratan di bumi rata-rata masih menjadi satu.

Bahkan dulunya, dipercaya pulau Papua dan Australia menjadi satu daratan. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya beberapa flora dan fauna yang mirip dari kedua pulau tersebut. Kemungkinan saat masih menjadi satu daratan inilah, ada pihak yang sengaja membangun struktuk tersebut dengan tujuan tertentu.

Setelah zaman es mencair, banyak daratan di seluruh dunia terpecah dan terbagi menjadi lebih kecil lagi. Dari sinilah, kemungkinan bahwa bangunan tersebut juga tenggelam ke dasar laut karena efek es mencair.

Itulah beberapa misteri di Indonesia yang menggemparkan dunia, masih banyak misteri lain yang masih tersembunyi tentunya berasal dari Indonesia

You Might Also Like