Tumit Kaki Pecah-Pecah? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Tumit pecah-pecah atau retak adalah masalah umum yang bisa merusak kepercayaan diri bahkan bisa sangat menyakitkan. Kondisi ini pada umumnya bisa terjadi karena kurang perawatan, tetapi juga bisa akibat kering atau terpapar bahan tertentu. Padahal kulit telapak kaki yang mengalami pecah-pecah bisa saja berujung infeksi penyakit. Faktor penyebab ini diantaranya menderita eksim, kekeringan kulit akibat sedikit keringat yang keluar di bagian telapak kaki, tingkat metabolisme tubuh yang rendah.

Selain itu, bila anda sering mengenakan sepatu dengan desain tumit terbuka sehingga lemak di bagian bawah tumit tertekan dan menjalar ke bagian samping. Sehingga tekanan yang tinggi ini akan memunculkan keretakan kulit tumit lebih mudah. Sehingga permukaan tumit bisa menebal dan terlihat berwarna kuning sampai gelap, serta terdapat celah yang besar dan terlihat jelas.

Penyebab Telapak Kaki Pecah

Tumit kaki menjadi penunjang dari nilai plus penampilan keseluruhan Anda. Tentunya tidak lucu bukan jika penampilan Anda sudah sangat sempurna dari atas kepala sampai ujung kaki namun itu semua dapat terhancurkan dengan adanya tumit kaki pecah pecah yang kasar. Penggunaan sepatu hak tinggi pun tidak akan terlihat lebih menarik jika memiliki tumit kaki pecah pecah. Maka dari itu penting sekali untuk kita menjaga perawatan dari ujung kepala sampai ujung kaki apalagi untuk area yang terlihat mata.

Namun sebelum kita mengulas lebih jauh tentang bagaimana cara mengobati tumit kaki pecah pecah ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab tumit kaki pecah pecah parah. Ada beberapa penyebab yang menimbulkan kaki pecah-pecah. Pertama bisa disebabkan karena cuaca yang tidak menentu, bisa terlalu panas juga bisa terlalu dingin. Suhu yang ekstrim tersebut akan memicu kaki kekurangan nutrisinya. Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan Anda terlalu sering berenang di kolam renang yang berkaporit tinggi. Selain itu bisa dikarenakan terlalu sering mandi air panas. Keringat yang terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan kaki pecah-pecah.

Berikut Penyebab Tumit Kaki Pecah Secara Umum:

  • Aktivitas Berlebih

Ketika Anda beraktivitas menggunakan kaki lebih sering, risiko kaki pecah-pecah dan kering akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan kaki terutama bagian tumit menjadi sering mengalami gesekan yang membuatnya menjadi semakin tebal dan juga kering dalam waktu yang bersamaan. Kondisi kering pada tumit ini cenderung bersisik dan pecah-pecah sehingga menimbulkan rasa perih yang membuatmu menjadi terganggu dalam beraktivitas.

  • Terkena Paparan Air

Paparan air terus menerus dapat membuat kulit mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan karena minyak alami yang ada pada kulit kaki menjadi hilang sehingga kulit menjadi kasar dan kering. Jadi jangan biarkan kaki terpapar air terlalu lama seperti terlalu lama di kamar mandi yang tentunya merupakan tempat lembab sehingga memicu kaki kering dan pecah-pecah.

  •  Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih menjadi tersangka utama lainnya penyebab kulit kaki pecah-pecah. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa obesitas akan membuat tekanan pada lemak akan meningkat seketika terutama lemak yang ada dibagian bawah tumit. Inilah yang menjadikan kulit akhirnya mengalami pelebaran kebagian samping dan jika tidak cukup fleksibel, tumit pun menjadi pecah-pecah akibat adanya tekanan pada kaki tersebut. Jika Anda merasa berat badanmu sudah melebihi batas normal, lebih baik ansitipasi diri dengan diet yang baik dan menyehatkan tubuh.

  • Terpapar Air Terus-menerus

Berada di tempat yang lembab bukan lantas berarti kulit juga akan ikut menjadi lembab dan terpapar air secara sering juga bukan berarti kulit kemudian akan selalu terhidrasi. Bagian telapak kaki yang terkena air dalam waktu yang lama dan sering akan membuat minyak alami kulit kaki menjadi hilang dan kulit pada akhirnya malah kasar dan kering. Hati-hati juga ketika Anda terlalu sering berdiri di kamar mandi yang merupakan tempat lembab karena ini bisa memicu kaki kering dan pecah-pecah.

  • Menggunakan Alas Kaki Yang Salah

Kulit yang pecah-pecah tidak terjadi tanpa alasan dan salah satu penyebabnya bisa jadi pemilihan dan penggunaan alas kaki yang salah di mana ukurannya kurang pas atau bahan dari alas kaki tersebut yang kurang bagus untuk kulit kaki Anda. Kondisi pecah-pecah pada telapak kaki dapat dipicu oleh alas kaki yang kurang ideal untuk Anda, termasuk alas sepatu yang bahannya terlalu keras. Jika telanjur membelinya, Anda bisa mencoba mencegah luka terjadi dengan menambahkan bantalan nyaman dan lembut agar tumit Anda tidak pecah-pecah.

Cara Mengobati

Ada beberapa cara mengobati kaki pecah-pecah dengan cepat dan alami. Cara-cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Jika Anda melakukan cara ini secara rutin, dengan sendirinya kaki Anda yang pecah-pecah akan sembuh. Yang paling penting harus dilakukan secara rutin dan disiplin.

  • Pijat Dengan Minyak

Pengobatan terbaik untuk tumit pecah-pecah adalah dengan mengoleskan kelembapan yang sangat dibutuhkan oleh kaki, sebanyak dan secepat mungkin. Tapi tidak semua pelembap bekerja sama baiknya. Minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena lotion lebih lama menyerap ke dalam kulit. Anda bisa gunakan minyak sayur apapun, mulai dari minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, hingga minyak kelapa. Vitamin E juga merupakan pelembap ajaib yang mampu membantu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah. Anda bisa dapatkan vitamin E dalam bentuk suplemen maupun minyak alami.

Lumuri kaki bermasalah Anda dengan minyak pilihan Anda tebal-tebal dan pijat perlahan, lakukan setiap malam sebelum tidur. Minyak akan membantu melembabkan, sementara pijatan akan membantu merangsang sirkulasi agar mempercepat penyembuhan gejala yang menjengkelkan. Kemudian bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk. Anda harus melakukan ini segera setelah Anda mandi untuk hasil penyerapan terbaik. Anda akan memiliki tumit sehalus pantat bayi keesokan paginya

  • Gunakan Pelembab

Kulit telapak kaki yang pecah-pecah biasanya juga diakibatkan oleh keadaan telapak kaki Anda yang terlalu kering. Maka dari itu gunakanlah pelembab di telapak kaki kammu 2 kali sehari setelah mandi atau setelah dibersihkan, agar kulit yang mengering tersebut bisa kembali lembab. Setelah kulit telapak kaki Anda sembuh dari pecah-pecah, Anda bisa menggunakan pelembab kaki ini sehari-hari untuk mencegah kaki Anda dari masalah kekeringan dan membuatnya terus halus dan lembut.

  • Jeruk Nipis

Tidak hanya segar untuk dijadikan minuman, jeruk nipis juga cukup ampuh untuk membasmi kulit pecah-pecah. Cara menggunakannya juga cukup mudah karena Anda hanya tinggal memilih jeruk nipis yang sudah tua, lalu membelahnya menjadi dua bagian. Setelah itu, silahkan gosokan jeruk nipis yang sudah dibelah tersebut ke bagian kulit yang mengalami pecah-pecah. Lakukanlah aktivitas ini secara rutin agar kaki Anda kembali halus dan tidak mudah kering dan pecah-pecah kembali.

  • Buah alpukat

Obat kaki pecah-pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan buah alpukat. Buah alpukat mengandung banyak sekali vitamin yang sangat bagus untuk tubuh. Alpukat juga bisa digunakan untuk masker wajah alami, untuk wajah yang berjerawat atau membuat wajah lebih segar alami. Dengan menggunakan buah alpukat, Anda bisa menghilangkan kaki pecah-pecah Anda dengan cepat. Caranya ambil satu buah alpukat, belah menjadi dua dan ambil dagingnya. Haluskan daging buah alpukat sampai benar-benar lembut. Setelah itu oleskan pada kaki sampai merata dan sambil dipijat secara perlahan. Biarkan beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

  • Pisang

Pisang menjadi buah yang dapat menjadi solusi untuk mengatasi tumit kaki pecah peca dan kering. Pisang mempunyai sifat pelembab yang dapat melembabkan kulit kering pada telapak kaki. Cara menghilangkan tumit kaki kering dan retak dengan pisang yaitu haluskan pisang yang sudah matang hingga halus kemudian oleskan pada tumit kaki yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 15 menit hingga kandungan dalam pisang menyerap dalam tumit kaki Anda. Kemudian cuci bersih kaki anda dengan air hangat dan rendam selama 5 menit dalam air dingin. Untuk hasil terbaik lakukan setiap hari agar tumit kaki lebih halus dan lembut.

  • Madu

Madu memiliki sifat pelembab dan antibakteri, sehingga akan sangat baik untuk pengobatan kulit kering dan bersisik. Termasuk pada tumit kaki yang pecah dan retak parah. Cara mengobati tumit kaki pecah pecah parah dengan madu yaitu masukan beberapa sendok makan madu dalam air hangat secukupnya. Rendam kaki Anda dalam campuran air madu tersebut dan diamkan selama 20 menit. Gosok secara perlahan dan lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

Ekstra Tips

  • Pilih Sepatu Dengan Ukuran Yang Tepat

Banyak di antara Anda yang mungkin ‘memaksakan’ untuk memakai sepatu incaran walaupun ukurannya kurang pas. Namun, ini bisa menyebabkan tumit kaki jadi pecah-pecah, lho. Oleh karena itu, sesuaikan ukuran sepatu dengan kaki agar tetap nyaman dan tidak merusak kesehatan kulit kaki.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kalau poin satu ini wajib Anda lakukan. Karena salah satu penyebab tumit kaki pecah-pecah yaitu dehidrasi pada kulit. Jadi, sebaiknya jangan juga kelembapan kulit dari dalam dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

Itulah beberapa macam cara cepat mengobati kaki pecah-pecah secara alami. Lakukanlah cara-cara diatas secara rutin agar membantu kaki Anda lebih cepat sembuh. Jangan lupa juga untuk selalu memberi pelembab pada kaki Anda agar tidak mudah terkena pecah-pecah kembali.

You Might Also Like