Penyebab Dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut kelihatannya adalah kondisi yang tak begitu serius bagi kita, tapi orang lainlah yang dapat mencium aromanya akan timbul ketidaknyamanan dalam bersosialisasi. Istilah medis Halitosis atau Oral Malodor adalah bau tidak sedap yang berasal dari mulut atau nafas seseorang.

Hal ini terbukti dari studi mengenai bau mulut yang mengatakan bahwa hampir 50% orang dengan bau mulut tidak menyadari bahwa mereka memiliki bau mulut. Bukan hanya memalukan, bau mulut juga dapat menjadi bencana bagi orang di sekitarnya termasuk keluarga dan pasangannya. Mengetahui penyebab bau mulut merupakan salah satu cara utama mengatasi bau mulut, berikut antara lainnya

Penyebab Bau Mulut

Berbagai macam hal dapat menjadi penyebab bau mulut. Sumber bau mulut antara lain adalah dari penyakit mulut, kebiasaan yang buruk, kondisi kesehatan tubuh Anda dan makanan yang Anda konsumsi. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa aroma yang tidak sedap tersebut 80% muncul dari mulut Anda, sisanya barulah dari makanan dan dari penyakit medis yang Anda derita. Berikut adalah daftar penyebab bau mulut yang sering terjadi:

1. Kebersihan Mulut Yang Tidak Terjaga

Kebersihan mulut memang sangatlah penting untuk dijaga Terlebih jika Anda bekerja dengan cara melakukan komunikasi kepada orang lain. Nafas yang tidak sedap akan membuat kita merasa minder dan tidak pede untuk melakukan pembicaraan dengan orang lain. Untuk itu menjaga kebersihan mulut sangatlah dianjurkan.

Kebersihan mulut yang buruk dapat mengakibatkan sisa-sisa makanan terakumulasi di dalam mulut, kemudian beberapa jenis bakteri yang terdapat di dalam mulut akan menguraikan sisa makanan dan melepaskan gas gas hidrogen sulfida sehingga gas tersebut menyebabkan bau busuk didalam mulut dan juga menyebabkan nafas menjadi tidak segar. Tidak menjaga kebersihan mulut juga dapat merusak gigi karena seiring dengan berjalannya waktu lapisan lengket yang tidak berwarna yang terdapat di dalam gigi menumpuk dan membentuk plak.

2. Masalah Pada Perut

Pencernaan yang buruk, sembelit atau masalah pada usus seringkali dapat menyebabkan aroma dari makanan apapun yang baru Anda santap kembali menuju mulutmu. Masalah pencernaan umum lainnya berasal dari ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam perut, makanan tidak dicerna dengan baik dapat menghasilkan acid reflux, yeast overgrowth atau fermentasi – yang disebut juga dengan bau napas tak sedap.

3. Sinus

Kadang saat hidungmu menghembus, napasmu juga dapat menghembuskan orang lain hingga menjauh darimu. Itu karena jumlah ingus berlebihan yang sering turun kembali ke tenggorokan, yang pada dasarnya membuka pintu lebar-lebar bagi bakteri untuk berkumpul dan berkembang biak, yang menyebabkan bau napas tak sedap.

Jika terjadi infeksi sinus, ingus berhenti bersirkulasi hingga menyebabkannya menumpuk dan mengizinkan bakteri memenuhi mulutmu dengan bau tak sedapnya. Jika menurutmu bau napas tak sedap disebabkan oleh sinus, mungkin sudah waktunya menghubungi dokter-mungkin Anda akan disarankan untuk menemui dokter spesialis THT.

5. Makanan

Untuk menghindari bau mulut dan nafas tidak segar ada baiknya jika Anda tidak mengkonsumsi makanan seperti bawang merah atau bawang putih dan makanan-makanan lainnya yang menyebabkan bau mulut dan nafas tidak segar. Ketika Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang menyebabkan bau mulut maka bau tajam makanan tersebut akan ditransfer oleh paru-paru kemudian dihembuskan melalui hidung sehingga menyebabkan nafas tidak segar atau busuk. Selain makanan yang dapat menyebabkan bau mulut lainnya adalah bahaya merokok, bahaya alkohol dan bahaya kopi

6. Kurang Minum Air

Tubuh yang dehidrasi alias kekurangan air atau cairan memang tak hanya akan membuat kita lebih sering merasa dahaga tapi dari mulut kita pun akan keluar bau yang tak sedap. Seperti layaknya orang yang berpuasa, karena tidak minum, maka seringkali kita akan menjumpai mereka dengan bau mulut. Hal ini dikarenakan produksi saliva atau air liur bakal berkurang saat tubuh kekurangan cairan, padahal saliva itu fungsinya membersihkan segala bakteri yang ada pada mulut kita.

Sel-sel yang berada di mulut kita juga bisa tetap hidup karena bantuan dan peran saliva itu sendiri, jadi kalau saliva berkurang, sel-sel tersebut akan mati yang akhirnya malah berubah menjadi sumber bau tak sedap. 1,8-2 liter sehari adalah takaran air minum yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehingga tubuh dan bagian mulut terhidrasi.

7. Tingginya Kadar Asam Lambung

Kadar asam lambung juga perlu diperhatikan karena ketika dalam tingkat yang tinggi, maka otomatis kita memiliki sakit maag dan seringkali saat kita bersendawa, ada bau tak sedap yang ikut keluar dari mulut. Aroma yang keluar biasanya ada kemiripan dengan aroma asam cuka dan memang banyak dari kita tak akan mengira bahwa asam lambung itu bisa juga berhubungan dengan bau mulut.

Padahal kenyataannya, ada juga keadaan yang lebih buruk dari ini di mana asam lambung akan dapat mencapai sinus serta telinga bagian dalam. Oleh sebab itulah, menghindari makan coklat, mengonsumsi alkohol, kayu manis dan makanan pemicu naiknya asam lambung adalah solusi yang tepat.

Jenis-Jenis Bau Mulut

Mungkin selama ini kita hanya mengenal masalah bau mulut dan cara mengatasi bau mulut tersebut. Namun, bagaimana ketika Anda sudah menggosok gigi, berkumur dan atau mengonsumsi buah-buahan menyegar mulut, bau mulut tak kunjung hilang. Hal ini bisa terjadi dikarenakan Anda memiliki jenis bau mulut yang berbeda.

1. Bau Mulut Mirip Aroma Kapur Barus

Apalabila Anda mengalami bau mulut yang seperti atau mirip kabur barus, kemungkinan Anda memiliki alergi, infeksi atau ingus berlebihan. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan alergi, obat sinus dan terapi air garam neti pot, serta antibiotik (untuk infeksi). Tentunya cara ini sesuai dengan petunjuk dokter. Munculnya bau mulut dalam kondisi seperti itu, dikarenakan bakteri daam mulut mengkonversi protein di dalam lendir mulut Anda menjadi senyawa bernama skalole.

2. Kotoran

Nah, bau seperti kotoran itu juga menjadi tanda bahwa Anda menderita penyakit. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa bau mulut yang seperti kotoran atau feses menunjukkan bahwa gusi Anda terinfeksi karena adanya bakteri anaerob dalam mulut. Bakteri ini muncul disebabkan kurangnya flossing atau membersihkan gigi dengan benang.

3. Mulut Kering

Pernah menghirup aroma mulut kering? Kali ini memang susah untuk digambarkan, seperti apa bau mulut kering itu. Namun, yang jelas ini disebabkan oleh kekeringan yang terjadi di dalam mulut Anda atau Xerostomia yang terjadi karena produksi air liur yang tidak normal. Kondisi bau seperti ini akan menyebabkan masalah gusi serta kerusakan gigi.

4. Bau Mulut Mirip Aroma Susu Asam

Jika Anda mengalami bau mulut yang mirip dengan aroma susu asam, itu tanda bahwa Anda kemungkinan tidak bisa mencerna protein dalam susu dengan benar yang tepatnya Anda mengalami intolerin lakosa. Selain munculnya bau mulut itu, Anda juga bisa memiliki gejala lain seperti diare, kram, serta perut brgas.

5. Bau Mulut Mirip Aroma Buah

Menurut salah seorang dokter di Washington DC, Amerika Serikat mengungkapkan, jika Anda memiliki bau mulut yang mirip dengan aroma buah, itu pertanda bahwa Anda kemungkinan memiliki diabetes. Hal ini dikarenakan ada proses keton pada penderita diabetes, yang efek sampingnya mengalami bau napas dengan aroma buah.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Masalah bau mulut memang menyebalkan, tapi siapa sangka jika masalah ini bisa diatasi dengan mudah dengan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Berikut adalah cara mengatasi bau mulut secara alami dan juga medis.

1. Gosok Gigi

Gosok gigi adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Orang yang menderita bau mulut biasanya disebabkan oleh jarangnya menggosok gigi. Menggosok gigi yang tepat, benar dan bersih bisa menghilangkan dan menghindarkan diri Anda dari bau mulut.

2. Teh Hijau

Banyak penelitian yang telah berhasil membuktikan khasiat teh hijau dalam mengatasi masalah mulut. Sebuah penelitian di Mesir menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin memiliki jumlah bakteri dalam mulut yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Tidak hanya itu, penelitian lain yang dilakukan di Jepang oleh Kaneko dan kawan-kawan tahun 1993 menyebutkan bahwa senyawa Polifenol khususnya Catechin dalam teh hijau mampu mengurangi halitosis atau bau mulut setelah dikonsumsi selama empat minggu.

3. Alat Pembersih Lidah

Lidah adalah tempat yang disukai oleh kuman dan bakteri. Tidak hanya di gigi dan gusi saja, lidah juga tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri. Orang yang rajin menggosok gigi, bukan berarti orang itu rajin membersihkan bagian lidahnya. Selama ini lidah luput dari perhatian orang.

Lidah banyak yang dilewatkan untuk dibersihkan, akibatnya adalah lidah akan jadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Banyak kuman dan bakteri yang bisa membentuk lapisan di lidah. Lapisan tersebut bisa menyebabkan terjadinya atau timbulnya bau busuk. Bau mulut pun bisa terjadi akibat lapisan lidah tersebut.

Untuk membersihkan kuman dan bakteri di lapisan lidah, Anda bisa menggunakan alat pembersih ludah. Atau Anda bisa juga menggunakan sikat gigi dan menggosok seluruh permukaan lidah secara perlahan. Kelebihan Anda menggunakan alat pembersih lidah dibandingkan dengan sikat gigi adalah alat pembersih lidah akan dibuat menyesuaikan dengan tekanan yang bisa diterima lidah. Sehingga tekanan yang telah disesuaikan tidak akan melukai permukaan lidah.

4. Cuka Apel

Asam yang terkandung dalam cuka apel dapat merangsang kelenjar saliva untuk memproduksi air liur yang dapat mengatasi masalah mulut kering. Cuka apel juga terbukti efektif mampu menyeimbangkan pH dalam mulut agar bakteri tidak dapat berkembang biak dan melakukan aktivitas pembentukan senyawa volatile sulfur compounds penyebab bau mulut.

5. Rokok

Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah berhenti merokok. Memang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini. Tapi sulit mana menghentikan kebiasaan merokok atau dijauhi oleh orang-orang terdekat Anda dan dijauhi oleh masyarakat. Bahaya merokok dapat menjadi penyebab bau mulut yang paling sering dialami oleh banyak orang. Tidak heran jika perokok akan memiliki nafas yang bau. Rokok tidak hanya membuat bau mulut saja, namun rokok juga bisa menyebabkan seseorang terkena bau badan. Badan dan mulut bau dengan rokok tentu Anda tidak mau mengalaminya bukan?

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan nafas anda menjadi tidak sedap, untuk menjaga nafas Anda agar tetap sedap dan tidak berbau busuk anda perlu menghindari hal-hal yang menyebabkan bau mulut tersebut. Selain menghindari hal-hal tersebut biasakan membersihkan mulut sikat gigi dan mengubah pola hidup sehat

You Might Also Like