Inilah Antibiotik Yang Sering Digunakan

Antibiotik bisa jadi merupakan salah satu golongan obat yang paling sering digunakan oleh masyarakat luas. Apalagi di Indonesia, dimana penyakit infeksi menjadi salah satu penyakit dengan angka kejadian tertinggi. Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang sering diresepkan untuk mengobati infeksi bakteri dan beberapa parasit tertentu.

Obat ini sangat banyak macamnya yang terkadang dapat membingungkan, sehingga penting sekali mengetahui golongan antibiotik serta fungsinya masing-masing. Penggunaan obat antibiotik harus dengan resep dokter agar sesuai dengan dosis dan penggunaanya. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui jenis antibiotik apa saja yang paling populer di gunakan di dunia, selain untuk menambah pengetahuan kita, siapa tahu suatu hari nanti kita membutuhkannya. Agar kita tidak salah dan bingung memilihnya.

Apa Itu Antibiotik?

Antibiotik adalah jenis khusus dari obat-obatan yang menghambat pertumbuhan atau menghancurkan bakteri dan beberapa penyakit memproduksi mikro-organisme lainnya. Antibiotik dapat membantu tubuh kita untuk melawan penyakit maka mereka digunakan dalam pengobatan banyak penyakit. Pengertian antibiotik berasal dari Antibiosis. Berarti ‘Anti’ ‘Melawan’ dan ‘BIOSIS’ berarti ‘Hidup’. Antibiotik hanya bertindak terhadap beberapa jenis mikro-organisme seperti bakteri. Antibiotik adalah zat kimia yang berasal dari tubuh mikro-organisme seperti bakteri, jamur atau tanaman.

Antibiotik Ada dua mekanisme kerja utama antibiotik yaitu membunuh (Bakterisidal) dan menghambat bakteri (Bakteriostatik). Antibiotik yang memiliki mekanisme kerja berfungsi membunuh bakteri sering dilakukan dengan cara merusak struktur dinding sel bakteri sehingga bakteri akan mati dengan antibiotik tersebut. Sedangkan antibiotik yang menghambat bakteri yaitu dengan cara menghentikan perkembangbiakan bakteri sehingga sisa bakteri akan dibunuh oleh sistem pertahanan tubuh manusia.

Sejarah Penemuan Antibiotik

Antibiotik yang pertama kali dikenal adalah Penicillin. Penicillin ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928 secara tidak sengaja dan merupakan sebuah penemuan terbesar dalam dunia medis. Alexander Fleming lahir pada tanggal 6 Agustus 1881 di Lechfield, Scotlandia dan seorang ilmuan ahli mikrobiologi dari inggris

Penemuan anti biotik dimulai ketika fleming melakukan penilitian pada bakteriStephylococcus dan saat meninggalkan labotatorium nya fleming lupa membersihkan cawan petri yang mengandung bakteri tersebut. sehingga terkontaminasi oleh jamur Penicillium Chrysogenum. Saat kembali untuk melanjutkan penelitian. Fleming mendapati ada kultur bakteri yang terkontaminasi oleh jamur. Anehnya, hanya di bagian tepi koloni saja yang bakterinya tidak tumbuh, sedangkan di tempat yang lain, bakteri tetap tumbuh. Kemudian Fleming menumbuhkan jamur tadi pada media murni. Ternyata, jamur tersebut memproduksi suatu senyawa yang dapat membunuh bakteri.

Penelitian pun terus dilanjutkan untuk mengetahui senyawa yang terkandung pada jamur Penicillium Chrysogenum sehingga lahirlah antibiotik pertama yang disebut Penicillin. Ternyata setelah itu perjalanan flaming tidak mulus. Flaming mengalami kendala terhadap cara budidaya dan perkembangan jamur tersebut. Sampai akhirnya Penelitiannya dihentikan. Penelitian tentang penicillin kemudian dilanjutkan oleh Howard Florey dan Ernest Boris Chain dengan biaya dari pemerintah Amerika dan Inggris. Mereka berhasil memurnikan penicillin sehingga mampu digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Selain itu Fleming juga menemukan bahwa penggunaan antibiotik dengan dosis yang terlalu rendah dan durasi penggunaan terlalu singkat bisa menyebabkan resistensi bakteri terhadap obat tersebut sehingga bakteri menjadi lebih kuat dan tidak mempannya antibiotik.
Karena jasa nya yang besar atas penemuannya tersebut, Alexander Fleming mendapatkan penghargaan Nobel Prize in Medicine pada tahun 1945 bersama Howard Florey dan Ernest Boris Chain.

Antibiotik jenis baru kemudian ditemukan setelah penemuan penicillin dan dibawah ini paling sering digunakan masyarakat:

A. Ciprofloxacin

Jenis antibiotik pertama yang merupakan antibiotik yang paling sering digunakan adalah sebuah antibiotik yang bernama Ciprofloxacin. Ciprofloxacin adalah sebuah antibiotik yang sangat banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih, penyakit saluran pernapasan seperti bronchitis, hingga pneumonia dan lain-lainnya yang disebabkan bakteri Patogen. Hal ini karna Ciprofloxacin adalah sebuah antibiotik yang bisa dikatakan paling manjur sehingga penggunaan antibiotik ini masih dipercaya oleh banyak dokter di dunia.

B. Amoxicillin

Jenis antibiotik yang satu ini adalah yang paling populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Antibiotik ini bernama Amoxicillin. Amoxicillin adalah sebuah antibiotik yang sangat manjur dan banyak digunakan oleh para penderita infeksi saluran pernapasan, saluran telinga, gigi dan gusi bahkan hingga saluran kemih. Ini karena Amoxicillin adalah golongan antibiotik penicillin yang sangat popular dan keberadaannya hingga kini masih bisa dipercaya banyak ahli medis sebagai pembunuh mikroorganisme patogen sesuai dengan penyakitnya. Bahkan kehadiran antibiotik Amoxicillin juga banyak digunakan dirumah sebagai persediaan ketika infeksi khususnya infeksi tenggorokan muncul.

C. Cefadroxil

Cefadroxil merupakan generasi pertama dari jenis antibiotik golongan Cephalosporin. Cara kerjanya hampir sama dengan Amoxicillin dan antibiotik lain di golongan penicillin. Penggunaannya juga sama luas di gunakan di dunia kesehatan, mulai untuk mengobati infeksi kulit hingga saluran kandung kemih.

D. Tetrasiklin

Obat antibiotik ini cukup populer di kalangan para wanita pekerja seks. Mereka cenderung memilih antibiotik ini untuk pengobatan infeksi kelamin seperti Chlamydia dan Gonorrhea atau kencing nanah. Penggunaan jenis antibiotik ini mulai dibatasi, karena memicu masalah resistensi yang membuat kuman Gonorrhea jadi kebal antibiotik.

D. Erythromicyn

Jenis antibiotik yang selanjutnya adalah jenis antibiotik yang sangat banyak digunakan bahkan penggunaannya lebih luas dari antibiotik Amoxicillin. Jenis antibiotik dengan nama Erythromicyn adalah sebenarnya untuk mengatasi infeksi di berbagai saluran pernapasan, saluran kemih dan yang lain-lainnya. Namun yang membuatnya istimewa adalah kegunaan selain untuk menangkal infeksi, juga digunakan untuk orang yang memiliki penyakit atau alergi tertentu kepada obat jenis penicillin seperti antibiotik Amphycilin dan Amoxicillin. Tentunya membuat para dokter merasa bahwa cangkupan Erythromicyn lebih banyak dan sangat cocok serta tidak menimbulkan efek alergi.

Itulah beberapa jenis antibiotik yang sering digunakan di dunia medis pada umumnya. Meskipun demikian, kita diharapkan tetap menjaga kesehatan apalagi dengan perubahan cuaca yang sangat ekstrim seperti sekarang ini.

You Might Also Like