Bahaya Mencabut Bulu Hidung Serta Manfaatnya

Dalam tubuh kita terdapat bagian-bagian tertentu yang secara alami di tumbuhi bulu. Masing-masing dari bulu mempunyai fungsi yang berbeda yang diperlukan oleh tubuh kita, namun bagi beberapa orang tumbuhnya bulu pada tubuh membuat risih dan tidak percaya diri. Salah satunya adalah bulu hidung, bulu hidung merupakan bagian terpenting dari hidung kita, karena mereka adalah penyaring udara alami yang selalu melekat pada tubuh. Bulu hidung memiliki fungsi sebagai filter atau penyaring partikel-partikel kecil yang masuk ke dalam hidung. Partikel-partikel tersebut dapat berupa bakteri, debu, jamur atau spora yang semuanya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jika banyak pertikel masuk ke dalam saluran pernafasan maka hal ini sangat berisiko terhadap infeksi dan kesehatan paru-paru. Oleh karena itu bulu hidung berperan dalam mencegah hal tersebut. Mungkin sebagian dari kita memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung dengan tangan atau menggunakan alat pencabut bulu. Sebaiknya hal ini jangan dilakukan lagi karena bisa menyebabkan bahaya atau risiko yang sangat fatal untuk kesehatan hidung. Kebiasaan mencabut bulu hidung mungkin terdengar sepele, namun ternyata bahayanya sangat fatal karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Apa saja bahaya mencabut bulu hidung?

Setiap yang kita lakukan terhadap tubuh kita, pastinya akan ada reaksi balik yang kita dapatkan. Misalnya jika kita ceroboh dan terjatuh ataupu terpeleset maka, tubuh kita akan merasakan sakit dan bahkan menimbulkan bekas. Nah begitu pula dengan kebiasaan mencabut bulu hidung. Jika kamu adalah seseorang yang memiliki kebiasaan yang aneh, seperti mencabut bulu hidung, sebaiknya jangan diteruskan lagi. Pasalnya dibalik itu semua tersimpan sejumlah bahaya yang akan terjadi pada tubuh dan kesehatan  kita sendiri.

1. Pendarahan Ringan

Saat bulu hidung anda dicabut, maka bulu-bulu tersebut sama saja ditarik secara paksa. Akibatnya, pendarahan ringan pun terjadi. Meski nggak membutuhkan penanganan khusus, namun pendarahan ini menimbulkan rasa sakit ketika darah di hidungmu mengalir. Setelah pendarahan berhenti, rasa perih akan tetap terasa pada bekasnya. Jangankan membersihkan bagian dalam hidung, menyentuh hidung pun akan bikin kamu meringis kalau hal ini sudah terjadi.

2. Infeksi Otak

Salah satu bahaya mencabut bulu hidung yaitu bisa menyebabkan bahaya infeksi otak. Perlu anda ketahui bahwa pada area di sekitar mulut dan hidung memiliki banyak pembulu darah balik (vena) yang terhubung ke bagian otak. Hal ini bisa menyebabkan bakteri dari hidung masuk ke otak secara langsung.

Nah, apabila anda memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung maka hal ini sangat rentan terhadap risiko masuknya bakteri ke otak sehingga menyebabkan gumpalan pada bagian sinus kavernosus. Walaupun kejadian risiko ini rendah namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi terlebih lagi jika sistem imun tubuh lemah.

3. Jerawat di Hidung

Jerawat bukan saja muncul dikulit wajah anda tetapi juga bisa muncul di bagian dalam hidung. Salah satu penyebab munculnya jerawat dibagian dalam hidung ini adalah dikarenakan akibat mencabut bulu hidung. Meskipun jerawat yang tumbuh dihidung adalah jerawat kecil tetapi tetap saja rasanya akan membuat kita menjadi tidak nyaman dan cukup menyakitkan. Bahkan beberapa orang ada yang sampai mengalami demam akibat tumbuhnya jerawat dihidung. So, apabila anda ingin terhindar dari jerawat dihidung bagian dalam maka jangan lagi cabut bulu hidung anda.

4. Infeksi

Sama halnya dengan bahaya kebiasaan mengupil dan bahaya mencabut bulu ketiak, mencabut bulu hidung juga dapat menyebabkan infeksi. Pendarahan ringan yang terjadi pada hidung telah membuka sebuah ruang kecil pada bagian hidung. Kondisi ini bisa membuat bakteri dan kuman yang berasal dari tangan anda atau udara bisa masuk ke ruang kecil tersebut. Akibatnya maka bisa membuat bakteri atau kuman masuk ke bagian tersebut dan mengalir ke bagian tubuh yang lain. Bakteri yang berkembang mungkin tidak hanya menyebar di sekitar hidung dan rongga nasal tapi juga bagian lain yang terbawa dari pembuluh darah. Jadi resiko infeksi bisa menyerang berbagai jenis bagian tubuh.

5. Mimisan

Kemudian dampak negatif lainnya akibat dari mencabut bulu hidung ini adalah bisa menyebabkan kita menjadi mimisan. Bisa saja ketika kita mencabut bulu hidung maka tanpa sengaja mengenai pembuluh darah pada bagian dalam hidung dan kemudian menyebabkan mimisan. Apalagi ketika anda mencabut bulu hidung yang panjang dengan cukup keras maka resiko terkena mimisan sangatlah besar.

6. Perforasi Septum

Perforasi septum adalah kerusakan pada rongga hidung yang bikin anda nggak nyaman setelah mencabut bulu hidung. Kerusakan selepas mencabut bulu hidung ini bisa menimbulkan beragam bentuk, mulai dari luka, bisul kecil atau kerak dari mengeringnya lendir yang sulit dihilangkan.

7. Ingrown Nose Hair

Kemudian bahaya mencabut bulu hidung yang terakhir yaitu bisa saja menyebabkan Ingrown Nose Hair yaitu suatu kondisi dimana bulu hidung yang telah anda cabut tidak tumbuh keluar tetapi justru malah tumbuh kedalam. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena juga bisa menyebabkan peradangan yang menyakitkan hidung.

Nah, itulah beberapa bahaya mencabut bulu hidung yang sebaiknya kita hindari. Jika bulu hidung tumbuh panjang maka sebaiknya jangan dicabut. Alangkah lebih baiknya gunakan saja gunting kecil untuk memotong bulu hidung. Pastikan kebersihan dari alat yang digunakan untuk menghindarkan risiko infeksi bakteri dan kuman.

Menjaga kebersihan hidung memang sangat penting, namun tentunya juga harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar sehingga hal ini tidak berisiko terhadap gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Dengan kata lain kita harus bisa menghindarkan risiko dan efek samping dari setiap tindakan yang akan dilakukan.

Sepintas mungkin mencabut bulu hidung adalah kebiasaan yang terlihat sepele. Namun jika terjadi infeksi maka risikonya sangat serius sehingga hal ini tidak boleh diabaikan. Bulu hidung memiliki peranan positif untuk kesehatan pernapasan sehingga jangan sekali-kali memicu bahaya dengan mencabut bulu hidung. Gunakan cara yang aman dan tidak berbahaya untuk kesehatan hidung dan anggota tubuh lainnya.

Manfaat Bulu Hidung

Bulu hidung memiliki manfaat bagi tubuh kita sehingga untuk itu sebaiknya kita tidak perlu mencabutinya. Adapun manfaat dari bulu hidung ini yaitu sebagai penyaring udara yang akan masuk kedalam tubuh kita sehingga kita bisa mendapatkan udara yang bersih serta sehat. Jadi, untuk itu anda tidak perlu malu apabila mempunyai bulu hidung yang lebat karena itu justru lebih bagus, kotoran atau partikel yang ada diudara bisa tertahan dihidung kita dan tidak masuk kedalam paru-paru.

1. Membantu Proses Penguapan Keringat

Tahukah anda bahwa bulu hidung juga berperan besar dalam mempermudah penguapan keringat. Dalam prosesnya jaringan saraf yang ada di sekitar folikel bulu hidung akan memberikan informasi kepada tubuh mengenai kondisi di lingkungan sekitar. Dari rangsangan dan informasi tersebut akan disalurkan ke otak dan diteruskan untuk memperluas permukaan penguapan.

2.Pelindung Bagian Dalam Rongga Hidung

Ternyata, bulu hidung memiliki fungsi yang penting di dalam proses pernapasan kita. Fungsinya yaitu sebagai pelindung di dalam rongga hidung. Di saat hidung kita menghirup oksigen, bulu-bulu yang ada akan membantu menyaring masuknya udara kotor yang mengandung debu. Ini dilakukan sebelum udara tersebut diproses oleh paru-paru kita.

3. Tempat Menempelnya Selaput Lendir

Bulu hidung juga berfungsi sebagai tempat menempelnya selaput lendir. Selaput lendir tersebut merupakan alat pengirim sinyal yang dapat memastikan bau apa yang sedang kita hirup.

4. Bulu hidung Berperan Sebagai Perisai

Bulu hidung dan serat-serat rambut lainnya yang ada di tubuh anda membuat penghalang yang sulit untuk ditembus, namun fleksibel. Bulu hidung dapat melindungi lapisan epidermis kulit anda dari lecet dan juga dari sinar matahari. Selain itu, bulu hidung juga memiliki fungsi yang lebih khusus. Ketika anda menarik napas, anda berpotensi mengambil partikel-partikel kecil bersama oksigen, namun bulu hidung dapat menyaring sebagian kotoran yang anda hirup.

Bagaimana Cara Berkontribusi Terhadap Kesehatan Kita

Rambut hidung mengeksekusi beberapa tindakan untuk melindungi kita dari infeksi. Misalnya, rambut hidung tidak memungkinkan patogen berbahaya di udara untuk mencapai saluran pernapasan dan menyelamatkan anda dari gangguan penyakit udara. Lendir yang hadir dibagian dalam hidung bersama dengan rambut hidung menjadi perangkap kuman dan partikel dan dibuang oleh bersin. Kadang-kadang, iritasi masih berhasil mencapai saluran pernapasan. Namun kegiatan hidung membantu anda mengusir mereka melalui bersin.

1. Jika Jumlah Bulu Hidung Terlalu Sedikit

Jumlah bulu-bulu di dalam hidung kita dapat memengaruhi beberapa hal. Sebagian orang mengalami alergi terhadap debu. Setelah diteliti, ternyata orang-orang yang alergi debu memiliki bulu hidung yang sedikit dan pendek. Kondisi seperti ini membuat proses penyaringan udara menjadi tidak maksimal sehingga dapat menyebabkan flu atau penyakit lainnya.

2. Jika Jumlah Bulu Hidung Terlalu Panjang dan Banyak

Sedangkan jika bulu hidung terlalu lebat, maka dapat mengganggu sistem penciuman. Selain itu, bulu juga dapat menyembul ke luar hidung yang membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri. Sehingga mereka akan mencabut bulu hidung tersebut karena dirasa mengganggu penampilan. Namun ternyata mencabut bulu hidung itu berbahaya.

3. Bulu Hidung Boleh Digunting Namun Tidak Boleh Dicabut

Semakin bertambah panjangnya bulu hidung hingga muncul keluar dari lubangnya membuat penampilan kita tidak menarik. Banyak orang yang kemudian malu dan tidak percaya diri keluar dengan bulu hidung yang panjang. Selain seringkali dianggap jorok, panjangnya bulu hidung juga kurang indah jika dipandang. Oleh karena itu sebagian orang memilih untuk mencabutnya, namun ternyata menacabut bulu hidung memiliki serangkaaian efek buruk bagi tubuh dari mulai peradangan hingga menjalar ke otak.

Tips Menghilangkan Bulu Hidung Dengan Aman

Jika anda ingin menghilangkan bulu hidung yang sudah panjang, ada dua cara yang dianggap paling aman, yaitu:

Trimming. Trimming adalah adalah teknik mencukur bulu hidung menggunakan alat khusus. Cara ini bisa menghilangkan bulu hidung yang memanjang beberapa senti sehingga tak tampak keluar. Jangan lupa pastikan jika anda menggunakan alat cukur yang aman dan bersih dari kuman sebelum digunakan. Cara ini terbilang paling cepat dan efektif mengatasi masalah bulu hidung yang sudah terlalu panjang.

Gunting cukur. Cara yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Gunting sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai bulu yang tumbuh di badan. Hingga saat ini gunting menjadi cara yang paling banyak digunakan untuk menghilangkan bulu hidung. Alasannya karena alatnya mudah, murah dan cenderung praktis. Untuk mengatasi bulu hidung disarankan memakai gunting yang ujungnya tumpul agar tak melukai permukaan bagian dalam hidung.

Demikianlah penjelasan mengenai bahaya mencabuti bulu hidung sekaligus manfaat bulu hidung. Kini masihkah anda berani atau berniat mencabuti bulu hidung anda? Jika anda pernah mendengar berita beberapa bulan belakangan, bahkan ada orang yang sampai terkena kanker ganas di hidungnya akibat terlalu sering mencabut bulu hidung. So, be smart.

You Might Also Like