Anda Mengigau Saat Tidur ? Ini Penjelasannya

Tidur tidaklah mudah karena sejatinya banyak masalah yang sangat melekat dengan aktivitas ini sehingga membuat manfaat dari tidur menjadi berkurang. Diantara beragam masalah yang sering muncul, ngelindur atau mengigau adalah salah satu dari sekian banyak masalah yang sering dialami. Berbicara saat tidur atau mengigau dengan kata-kata yang tidak jelas seringkali kita dapati pada anggota keluarga, sahabat atau bahkan pernah kita alami sendiri secara “tidak sadar”.

Berbicara saat tidur atau Mengigau adalah masalah umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia.Mengigau adalah suatu gangguan saat tidur yang sering dialami ketika seseorang telah memasuki tahap tidur tertentu. Orang yang mengalami hal itu otomatis tidak sadarkan diri dengan apa yang telah diucapkannya sehingga mereka akan mengetahuinya dari orang lain. Biasanya isi dari igauan tersebut berupa dialog yang sangat rumit atau bisa berupa monolog.

Apa Itu Mengigau?

Somniloquy adalah salah satu istilah medis bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam tidur yang tidak normal dimana orang tersebut berbicara saat tertidur tanpa menyadarinya. Penelitian telah mengungkapkan bahwa mengigau bukan dihasilkan dari pikiran sadar. Orang yang mengigau biasanya berbicara dengan diri mereka sendiri. Mereka juga bisa tertawa, berbisik atau berteriak.

Durasi mengigau sendiri lazimnya tidak berlangsung lebih dari 30 detik pada suatu waktu dan sangat jarang sekali orang yang mengigau lebih dari satu kali per malam. Orang pengigau bisa jadi menggunakan kata-kata yang tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kadang-kadang mereka akan menggerutu, sehingga sulit untuk memahami apa yang ia katakan.

Penyebab

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa mengigau merupakan salah satu gangguan tidur. Namun, sebelum mengetahui bahaya apa saja yang mungkin muncul akibat dari mengigau, sebelumnya kita akan membahas mengenai penyebab mengigau saat tidur. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan penyebab mengigau yang bisa digolongkan ke dalam penyebab yang paling ringan. Penyebab ini merupakan penyebab paling umum yang membuat banyak orang sering mengigau. Meskipun bisa digolongkan ke dalam penyebab yang paling ringan, namun kurang tidur merupakan hal yang bisa mendorong seseorang menjadi tipe orang yang tidak sehat. Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lain, seperti stres, obesitas, gangguan metabolisme, bahkan bisa memicu gangguan jantung.

2. Demam Tinggi Atau Sedang Sakit

Seseorang yang sedang sakit atau sedang demam tinggi juga sangat rentan mengigau. Kondisi fisik seseorang yang sedang sakit relatif tidak bugar sehingga menyebabkan gangguan di dalam sistematika kerja organ tubuh. Akibatnya, hal tersebut sekaligus akan mempengaruhi pola tidur seseorang, termasuk menyebabkan pengalaman mengigau bagi seseorang. Selain sedang sakit, seseorang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti anti depresan, obat skizofrenia dan juga obat anti nyeri juga bisa menyebabkan mengigau.

3. Keturunan Atau Faktor Genetik

Menurut para pakar kesehatan, mengigau kemungkinan besar disebabkan oleh adanya faktor genetik atau keturunan. Jadi, jika orang tua Anda memiliki kebiasaan mengigau pada saat tidur maka kemungkinan Anda juga akan mengalami hal yang sama. Jika Anda adalah orang yang sering mengigau karena adanya faktor keturunan maka Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut karena hal tersebut bukan sesuatu yang membahayakan kesehatan Anda. Namun pada beberapa kasus, mengigau dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena dapat memicu gangguan tidur. Karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah mengigau tersebut.

Haruskah membangunkan seseorang yang sedang mengigau?

Itu tersebut bergantung pada situasi saat itu. Membangunkan mungkin akan membuat orang tersebut berhenti sebentar, tapi ketika kembali tertidur dan mengigau kembali, sebaiknya tidak membangunkan kembali sehingga tidak kekurangan waktu tidur di keesokan harinya untuk aktivitas. Namun, jika dikaitkan dengan gangguan tidur REM atau salah satu parasomnia lainnya, membangunkan orang yang sedang mengigau mungkin dapat membantu atau mungkin tidak. Disitulah peran penting untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Cara Mengatasi

Meskipun tidak semua orang merasa bahwa mengigau akan mengganggu kualitas tidur mereka, namun tentu saja ada beberapa orang yang merasa bahwa mengigau akan mengganggu kualitas tidur mereka. Tidak hanya bagi orang yang mengigau saja, mengigau juga bisa jadi akan mengganggu kualitas tidur bagi teman tidur Anda. Karena itulah, ada baiknya Anda melakukan beberapa upaya berikut ini untuk mencegah sekaligus mengatasi kebiasaan mengigau yang sering Anda alami.

1. Jangan Stress

Stress adalah salah stau kondisi yang dapat menyebabkan beragam masalah pada tubuh salah satunya adalah saat tertidur. Mengigau sangat erat kaitannya dengan stress sehingga Anda diminta untuk sebisa mungkin menjauhinya. Agar terhindar dari stress, sebaiknya Anda sering melakukan terapi atau relaksasi sebelum tidur di malam hari seperti Yoga ringan atau melakukan stretching pada beberapa anggota badan.

2. Cukup Tidur

Salah satu alasan terjadinya ngelindur atau mengigau pada malam hari adalah kekurangan jam tidur. Durasi tidur malam yang disarankan adalah 6-8 jam setiap hari, namun hingga saat ini masih banyak orang yang mengabaikannya. Cukup tidur dapat mengurangi intensitas mengigau walaupun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan

3. Hindari Alkohol

Alkohol sangat tidak disarankan bagi semua orang khususnya mereka yang kerap mengigau karena dengan terlalu sering meminum alkohol, proyeksi otak akan meningkat dan mengakibatkan Anda berbicara dalam keadaan tidur. Minuman beralkohol membuat pikiran Anda berada dalam pengaruh zat tersebut. Pola tidur dan kualitasnya akan terganggu sehingga memungkinkan berbicara saat tidur.

4. Hindari Ngemil Sebelum Tidur

Ngemil bukan saja dapat membuat berast badan Anda naik, tetapi juga mampu mengakibatkan igauan-igauan yang mengganggu saat tertidur. Usahakan camilan terakhir yang dimakan memiliki jeda empat jam sebelum tidur malam. Hindari pula minuman kafein sebelum tidur agar kualitas tidur tetap terjaga. Perut yang penuh makanan dapat membuat tidur bermasalah kualitasnya.

Bisakah Mengigau Disembuhkan?

Anda tidak perlu melakukan pengobatan tertentu untuk mencegah mengigau. Akan tetapi, jika mengigau Anda parah dan mengganggu teman sekamar atau pasangan tidur Anda, sebaiknya berkunjunglah ke dokter. Mungkin terdapat penjelasan medis yang mendasari mengapa Anda mengigau. Namun, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengurangi mengigau saat tidur:

  • Ikuti jadwal tidur Anda secara teratur. Jika perlu, buatlah alarm kapan Anda harus tidur dan kapan harus bangun.
  • Tidur yang cukup. Penyebab mengigau utama biasanya kurangnya waktu tidur seseorang. Tidur 8 jam semalam adalah durasi tidur yang ideal.
  • Kondisikan tempat tidur Anda senyaman dan sebersih mungkin untuk mengurangi frekuensi mengigau Anda.
  • Hindari mengkonsumsi alkohol, minum-minuman berkafein dan makanan berat.

Nah, sekian ulasan tentang penyebab ngelindur dan cara mengatasinya. Semoga dengan tips di atas bermanfaat sehingga tidur Anda semakin berkualitas dan terhindar dari perilaku mengigau atau ngelindur.

You Might Also Like