Komedo, Penyebab Dan Jenis Serta Cara Mencegahnya

Komedo adalah hal yang umum yang terjadi pada setiap manusia dan usia berapapun dapat memiliki masalah ini. Meskipun komedo tidak menyebabkan nyeri, kemerahan, pembengkakan atau gejala menyebalkan lain seperti jerawat, komedo dapat memengaruhi penampilan dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Kebanyakan orang mengira bahwa titik-titik hitam yang ada pada kulit wajah adalah kotoran yang hinggap di pori-pori wajah dan menyumbat aliran keringat. Namun sebenarnya itu adalah penyumbat pori yang berasal dari keringat dan sel kulit mati yang berubah warnanya menjadi kehitam-hitaman di bagian luar karena teroksidasi dan masih berwarna putih kekuning-kuningan di bagian dalam (seperti kacang).

Komedo terdiri dari dua jenis yaitu komedo terbuka atau blackheads dan komedo tertutup alias whiteheads. Komedo disebabkan oleh folikel rambut yang membesar dan tersumbat. Jika berada di bawah kulit, komedo ini disebut komedo tertutup. Komedo terbuka atau blackheads terjadi ketika komedo muncul ke permukaan kulit dan terbuka. Minyak berlebih dari komedo kemudian akan terpapar udara dan teroksidasi, menyebabkan perubahan warna yang menggelap. Itulah kenapa komedo blackheads berwarna hitam. Jadi, warna hitam pada komedo bukan disebabkan oleh kotoran yang tersumbat, melainkan hasil oksidasi minyak. Itulah sebabnya warna hitam hanya ada pada bagian luar dan bagian dalam dari komedo tetap berwarna kuning pucat mentega. Lalu apa penyebabnya?

Penyebab Komedo

Perlu diketahui bahwa komedo berbeda dengan jerawat. Komedo merupakan cikal bakal terjadinya jerawat. Komedo yang mengalami infeksi akan berkembang menjadi jerawat pada wajah. Jerawat bisa mengalami peradangan tetapi komedo tidak. Munculnya komedo harus dapat dicegah dengan baik, untuk itu kita harus paham apa penyebab komedo tersebut.

1. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Faktor utama timbulnya komedo disebabkan oleh kotoran yang menempel pada kulit wajah, terutama bagi mereka yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan dengan mengendarai kendaraan bermotor. Hal tersebut tentunya dapat menimbulkan penumpukan kotoran seperti debu dan polusi udara, sehingga dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan tumbuh komedo. Maka dari itu, setiap setelah bepergian atau beraktivitas diluar rumah, sebaiknya segera bersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. bahkan jika tidak segera dibersihkan, maka dapat menyebabkan kulit wajah berminyak dan berjerawat.

2. Produksi Minyak Yang Berlebih

Baik pria atau wanita memiliki minyak berlebih pada wajah. Meskipun kelebihan dari kulit berminyak dapat membuat awet muda, tetapi kulit berminyak memiliki banyak masalah. Timbunan lemak serta minyak pada pori-pori membuat wajah jadi memiliki banyak komedo. Jika Anda memiliki banyak komedo di wajah, saat Anda mengusap wajah sudah dipastikan akan terasa kasar.

3. Make Up Yang Berlebih

Penggunaan make up yang berlebih juga menyebabkan timbulnya banyak komedo pada wajah. Make up yang dapat menyebabkan komedo yaitu pelembab, alas bedak, milk cleanser, foundation, tabir surya serta kondisioner pun dapat menyebabkan komedo. Oleh karena itu, maka gunakan make up sewajarnya saja jangan berlebihan, setelah itu segera bersihkan make up dengan cara yang tepat.

4. Pola Hidup Tidak Sehat

Faktor lain yang dapat menyebabkan timbulnya komedo yaitu pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, kurang tidur (bergadang) dan mengkonsumsi makanan-makanan yang berlemak. Kebiasaan tersebut sangat menentukan kesehatan kulit Anda, terutama pada bagian kulit wajah. Untuk itu, sebaiknya Anda perbanyak minum air putih untuk meringankan dan memudahkan dalam menghilangkan masalah kulit tersebut.

5. Mengkonsumsi Makanan Yang Berminyak

Jika anda pencinta makanan yang berminyak, sebaiknya mulai sekarang dikurangi atau bahkan dihindari. Karna makanan yang berminyak seperti gorengan, makanan yang memiliki cita rasa manis, serta makanan yang terkandung kabohidrat tinggi yang tidak bisa dipungkiri dapat merusak kulit. Coba Anda amati apa yang terjadi setelah Anda mengkonsumsi gorengan atau makanan yang berminyak dengan rutin maka akan bermunculan komedo dihidung dan jerawat diwajah.

Jika Anda ingin terhindar dari komedo atau jerawat mulai sekarang hindari makanan berminyak, banyaklah mengkonsumsi bauh-buahan dan sayur-sayuran. Karna buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kulit yang mampu membantu kulit anda tetap sehat dan memperlambat penuaan dini.

6. Sering Menyentuh Wajah

Bagi kalian yang suka menyentuh wajah apalagi dengan tangan telanjang tidak menggunakan tissue, sebaiknya mulai sekarang janganlah terlalu sering menyentuh wajah Anda. Karena sangat berdampak buruk terhadap kondisi kulit wajah Anda. Kenapa kok seperti itu sih? Karena saat Anda menyentuh wajah dengan tangan telanjang tidak ada yang menjamin pasti kondisi tangan Anda bersih dan bebas dari kuman. Nah, sebaiknya Anda harus terlebih dahulu lihat kondisi tangan saat ingin menyentuh wajah bersih atau tidak. Karena wajah yang disentuh dengan tangan kotor penuh kuman tentu sangat mudah mengakibatkan jerawat dan komedo hitam.

Mengatasi komedo pada wajah bisa menjadi hal yang sangat mudah ketika kita benar-benar memahami dari mana komedo tersebut berasal. Oleh karena itu, identifikasi penyebab komedo menjadi proses yang sangat penting untuk menghilangkan komedo pada wajah

Jenis-Jenis Komedo

Tak hanya harus mengetahui bagaimana bisa terjadi komedo, sepertinya kamu juga harus mengetahui jenis-jenis dari komedo. Agar kamu dapat menanganinya dengan baik.

  • Komedo Hitam (Blackheads)

Dari jenis-jenis komedo yang ada, yang pertama adalah komedo hitam atau sering disebut Blackheads. Komedo hitam ini merupakan jenis komedo yang terbuka dan tidak ada jaringan epitel kulit yang menutupinya. Komedo hitam yang terbuka ini terbentuk dari gumpalan sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati, debu, kotoran, bakteri dan garam yang terdapat pada keringat. Komedo ini awalnya berwarna putih, namun karena adanya oksidasi warnanya berubah menjadi hitam. Warna hitam yang ada pada komedo ini disebabkan proses oksidasi antara oksigen dengan pigmen yang ada pada kulit wajah yang disebut dengan melanin.

Lantas yang membedakan komedo hitam dengan komedo putih adalah warnanya. Komedo putih akan tetap memiliki warna yang putih karena tidak mengalami proses oksidasi. Adapun area di wajah yang sering terdapat komedo berwarna hitam adalah di bagian dahi, dagu dan hidung. Komedo ini merupakan jenis komedo yang mudah untuk dihilangkan, karena sudah tidak tertutup oleh jaringan epitel kulit. Namun, yang menjadikan Anda harus waspada adalah adanya inflamasi ketika menghilangkan komedo hitam ini hingga menimbulkan masalah yang lebih serius pada wajah seperti timbulnya jerawat

  • Komedo Putih (whiteheads)

Komedo putih disebut juga komedo tertutup karena gumpalan sebum yang tampak seperti nodul putih terletak dalam lobulus sebaceous di bawah epitel kulit. Ciri-ciri jenis komedo putih ini adalah gumpalan terasa padat jika disentuh, timbul pada wajah dalam bentuk tunggal atau berkelompok. Komedo putih tampak pada wajah, khusunya di hidung, tulang pipi dan kelopak mata. Karena keberadaannya terletak di bawah epitel kulit, maka komedo putih sulit untuk dikeluarkan. Jangan mencoba-coba untuk menghilangkan jenis komedo ini jika Anda melakukannya sendiri, karena jika terjadi peradangan tentu itu akan memperumit situasi.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo

Setelah mengetahui jenis-jenis komedo dan penyebab terbentuknya, yang terakhir adalah mengetahui cara mencegah agar komedo tidak muncul di wajah. Ada banyak cara sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya komedo di wajah.

1. Pore strips

Pore strips dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko dan apotek. Bentuknya seperti stiker yang Anda tempel ke bagian yang berkomedo, biasanya hidung. Anda dapat menempelkan strip ke area yang bermasalah dan tunggu selama sekitar 15 hingga 20 menit. Kemudian, lepaskan strip tersebut. Ketika Anda menarik strip tersebut, Anda akan menarik keluar komedo juga. Anda mungkin perlu menggunakan toner untuk membantu mengurangi ukuran pori-pori. Gunakan pore strips satu kali seminggu, diikuti dengan perawatan kulit yang baik. Namun, ingatlah bahwa pore strips hanya dapat membantu menghilangkan komedo ketika komedo telah terbentuk di kulit. Pore strips tidak dapat membantu mencegah komedo.

2. Menghilangkan Komedo Dengan Gandum

Bagi kita yang tinggal di indonesia pasti tak asing lagi dengan yang namanya gandum, gandum biasanya digunakan untuk membuat Roti, pastinya banyak terdapat khasiat yang luar biasa, pada gandum juga terdapat kandungan vitamin B1 yang sangat tinggi, sehingga bisa bermanfaat untuk menghilangkan komedo secara alami.

Tumbuk butiran Gandum atau anda juga bisa menggunakan gandum yang sudah halus biasanya ada dipasar atau supermarket, campurkan gandum dengan sedikit air bersih aduk hingga kental lalu oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat, anda juga bisa mengusap seluruh wajah karena gandum tidak berbahaya untuk kulit, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Putih Telur

Putih telur adalah salah satu bahan alami yang ampuh untuk membasmi komedo. Selain kaya protein, putih telur juga mengandung berbagai senyawa alami yang bisa mengurangi peradangan pada kulit serta mengencangkan pori-pori wajah agar tidak mudah dimasuki kotoran atau bakteri. Untuk menghilangkan komedo dengan putih telur, kocok putih telur hingga mengembang selama kurang lebih 10 menit dan oleskan pada area yang berkomedo selama 15 menit. Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air hangat.

4. Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang punya banyak manfaat bagi kulit termasuk dalam mengatasi komedo. Kandungan antibiotik alami pada madu dapat membunuh bakteri penyebab komedo sekaligus membantu melembabkan kulit yang bermasalah dan kering. Cukup oleskan komedo pada area yang mengalami masalah komedo dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas dengan air hangat dan keringkan.

5. Kacang Kedelai

Selain Gandum, Kacang kedelai juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo di hidung ataupun wajah anda, pada kacang kedelai terdapat beragam Protein yang tinggi dan mampu membersihkan kotoran pada pori-pori kulit wajah anda, sehingga mempu mecegah dan menghilangkan komedo dengan cepat.

Untuk cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai, kita tak perlu menambah bahan lainnya cukup dengan mengandalkan kacang kedelai alami dan berkualitas baik, haluskan kacang kedelai dengan blander lalu gosok pada seluruh wajah anda, biarkan beberapa menit supaya kandungan kacang kedelai dapat di serap dengan baik oleh pori-pori kulit anda.

6. Kulit Jeruk

Selain buahnya yang sangat bermanfaat, kulit jeruk juga sangat ampuh untuk menghilangkan komedo yang menempel pada kulit wajah anda, kandungan zat pada kulit jeruk sangat ampuh membersihkan komedo yang membandel secara alami. Kulit jeruk yang masih segar bisa langsung digunakan untuk menghilangkan komedo, caranya langsung saja anda tempelkan kulit jeruk yang sudah di potong kecil-kecil, biarkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air hangat, maka bisa langsung anda lihat bekas komedo yang menempel pada kulit jeruk tadi, lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur.

7. Garam dapur

Garam tak hanya bermanfaat untuk bahan dapur tapi juga sangat ampuh untuk menyembuhkan atau menghilangkan komedo secara cepat, garam yang sering kita temukan di dapur mengandung banyak Yodium sehingga bisa menyembuhkan komedo secara alami. Ambilkan sedikit garam dan sedikit air lalu campurkan garam kedalam air hingga larut dan gosokan pada area hidung anda, hingga komedo terangkat, karena air garam akan kasar sehingga butiran komedo mudah terangkat, jika terjadi iritasi, hentikan pemakaian biasanya untuk pemakaian 2 kali komedo langsung hilang, mungkin tergantung kondisi kulit wajah anda juga.

Fakta Dan Mitos Tentang Komedo

Setelah mengetahui penyebab komedo, ada baiknya jika Kamu juga mengetahui beberapa fakta maupun mitos tentang komedo berikut ini!

Fakta:

  • Komedo hitam disebabkan karena zat pigmen gelap melanin dalam minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous berubah warna menjadi hitam saat terpapar udara luar.
  • Komedo muncul akibat pola makan yang tidak sehat dan tinggi kalori.
  • Komedo tidak menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada kulit kecuali kondisinya sudah sangat parah.
  • Kelembaban udara yang tinggi dan keringat berlebih bisa memicu timbulnya komedo.
  • Kurang tidur bisa memperparah kondisi komedo dan jerawat

Mitos:

  • Komedo disebabkan karena perilaku yang kurang higienis seperti kurang rajin membersihkan wajah. Faktanya Beberapa kasus komedo muncul karena masalah hormonal dan genetis.
  • Makanan seperti kacang-kacangan dan coklat serta makanan berminyak menyebabkan komedo. Faktanya, makanan yang tinggi gula dan produk hewani justru memicu timbulnya komedo.
  • Komedo disebabkan karena sering masturbasi dan berhubungan seksual. Hal tersebut tidak benar karena komedo tidak ada hubungannya dengan aktifitas seksual.

Demikianlah informasi penyebab terjadinya komedo dan cara mengatasinya, saran kami bersihkanlah wajah anda sebelum tidur, hal ini agar kuman tidak menumpuk pada wajah ketika anda tidur. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dan semoga bermanfaat, jangan lupa nantikan artikel kami lainnya. Terima kasih