Semut Jepang, Kandungan Dan Manfaat Bagi Kesehatan

Mendengar kata semut tentu saja sudah tidak asing di telinga Anda, karena hampir di semua tempat Anda bisa menemukan semut. Semut juga merupakan serangga yang sangat mudah ditemui di berbagai macam tempat. Semut merupakan salah satu serangga bertubuh kecil yang tidak begitu disukai masyarakat. Hal tersebut dikarenakan gigitannya yang membuat gatal di kulit, bahkan bisa menyebabkan iritasi.

Ternyata banyak penelitian yang menunjukan bahwa semut yang hidup bergerombol ini memiliki banyak jenis dan beberapa di antaranya ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu semut yang paling terkenal di dunia kesehatan adalah semut jepang. Penasaran? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Apa Itu Semut Jepang

Saat ini semut Jepang sudah mulai terkenal karena manfaatnya yang banyak untuk obat dari penyakit dan kesehatan. Masyarakat Jepang sendiri telah sangat mengerti dengan banyaknya manfaat semut Jepang, sehingga mereka sering menjualnya atau memberikanya sebagai oleh-oleh dari negeri sakura untuk ditawarkan ke para wisatawan. Semut Jepang dikenal orang-orang Jepang dengan nama “Ari”. Dari segi fisik, semut Jepang berbeda dengan semut yang berada di Indonesia. Semut Jepang memiliki tubuh yang lebih berisi dan besar dibanding semut di Indonesia.

Semut ini mampu bereproduksi dengan sangat cepat dibanding semut pada umumnya. Inilah alasan kenapa banyak pengusaha budidaya semut Jepang yang sukses. Menariknya lagi, semut Jepang bukan spesies canibal sehingga prosentase kehidupan mereka jauh lebih tinggi. Semut jepang terdapat lebih dari 150 spesies, bahkan ada pula media yang menyebutkan hingga 200 spesies. Spesies semut Jepang yang cukup populer diseluruh dunia antara lain Pachycondyla pilosior, Ponera swezeyi, Solenopsis japonica, Camponotus nipponicus, Polyergus samurai, dan masih banyak lagi. Dan bukan sampai di situ saja ternyata kandungan di dalam semut Jepang ini sangat banyak berikut antara lainnya

Kandungan Semut Jepang

Bukanlah tanpa sebab mengapa sehingga semut Jepang khasiatnya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Berikut ini beberapa kandungan penting yang dimiliki oleh semut Jepang:

1. Protein

Semut Jepang kaya dengan protein yang sangat berguna untuk tubuh. Protein tersebut berfungsi sebagai zat pembangun untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh dengan cara membantu meregenerasi sel-sel yang telah mati. Selain itu, protein dalam semut Jepang juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai mikroba berbahaya yang dapat menjadi sumber penyakit.

2. Asam Amino

Zat penting selanjutnya yang terdapat dalam semut Jepang adalah asam amino. Zat ini sangat ampuh untuk menghambat pertumbuhan kanker dan tumor. Selain itu, asam amino juga dapat meningkatkan proses detoksifikasi amonia pada hati, memperbaiki sistem reproduksi, meningkatkan massa otot atau berat badan, serta dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Asam Laktak dan Hialuronat

Semut Jepang mengandung dua asam penting sekaligus, yakni asam Laktat dan Hialuronat. Asam laktat dalam semut Jepang berfungsi untuk menjaga stamina tubuh sehingga tidak mudah terserang kelelahan. Sedangkan, kandungan Hialuronat dalam semut Jepang berfungsi menjaga kesehatan kulit sehingga tubuh selalu terlihat awet muda.

4. Enzim HMES

Salah satu jenis enzim yang ditemukan dalam semut Jepang adalah enzim HMES (Hepatic Microsomal Enzyme System). Zat ini sangat bermanfaat untuk memperlancar proses metabolisme, pencernaan dan peredaran darah. Seluruh fungsi tubuh akan terbantu dengan adanya enzim ini.

Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan

Kegunaan semut Jepang sangat banyak sekali bagi kesehatan. Memang hingga saat ini belum ada studi penelitian pasti yang dapat membuktikan manfaat semut Jepang tersebut. Akan tetapi, sudah banyak masyarakat yang membuktikan khasiat semut Jepang yang sangat luar biasanya ini. Hampir semua penyakit berbahaya dapat disembuhkan dengan konsumsi semut Jepang secara rutin. Lantas, apa sesungguhnya manfaat semut Jepang bagi kesehatan?

1. Meringankan Penyakit Jantung

Semut Jepang dipercaya dapat meringankan penyakit jantung. Penyakit yang dapat menyerang berbagai usia ini memang penyakit yang mengerikan karena dapat merenggut nyawa seseorang secara tiba-tiba. Untuk meringankan penyakit jantung cara konsumsinya adalah dengan mengkonsumsi 3-5 semut jepang dengan meminumnya 2 kali sehari. Setelah itu biasanya penyakit jantung sedikit demi sedikit mulai membaik.

2. Mengobati Penyakit Stroke

Manfaat semut Jepang yang selajutnya adalah dapat mengobati penyakit stroke. Caranya adalah ambil 7 ekor semut Jepang yang masih hidup, lalu masukan kedalam gelas dan tambahkan air hangat kedalamnya, lalu minum bersama semutnya (minum 2 kali sehari, 3 hari dalam seminggu). Lakukan rutin selama 1 bulan, lihat bedanya sebelum Anda mengkonsumsi semut jepang tersebut, dengan setelah meminumnya rutin.

3. Mengatur Kadar Kolesterol

Manfaat semut Jepang untuk kesehatan adalah untuk mengatur kadar kolesterol. Pada dasarnya kolesterol adalah salah satu zat yang dibutuhkan dalam tubuh manusia. Namun pada beberapa kasus kelebihan kadar kolesterol di dalam tubuh juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh itu sendiri.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya peningkatan kadar kolesterol bahkan hingga berlebihan. Dengan semut Jepang ini Anda bisa mengatur atau mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Ada yang mengatakan bahwa cara pengobatan paling efektif menggunakan Semut Jepang adalah dengan menelan hidup-hidup semut tersebut.

4. Meringankan Diabetes

Selain penyakit jantung, diabetes juga menjadi salah satu penyakit berbahaya yang jumlah penderitanya terus meningkat saat ini. Diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang cukup sulit ditangani, namun tidak perlu terlalu khawatir, karena Anda bisa menggunakan Semut Jepang sebagai obat diabetes. Semut Jepang diyakini sangat efektif dalam meringankan diabetes, meskipun belum banyak penelitian medis yang dilakukan. Mengenai kandungan apa saja yang terdapat di dalam Semut Jepang sehingga begitu efektif dalam mengatasi diabetes.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat semut Jepang untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah seseorang akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi yang cukup berbahaya adalah saat seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Karena banyak penyakit berbahaya yang bisa terjadi akibat tekanan darah tinggi, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Oleh sebab itulah tekanan darah harus dikontrol sebaik mungkin sehingga masih dalam batas normal. Anda juga bisa menggunakan semut Jepang untuk mengontrol tekanan darah Anda. Jika dilihat dari manfaatnya, memang masing-masing saling berkaitan, mulai dari penyakit jantung, kolesterol, diabetes dan sekarang tekanan darah. Pada intinya semut Jepang sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit sejenis ini.

6. Meningkatkan Visalitas

Jika Anda aktif dengan kegiatan – kegiatan setiap harinya pasti akan membutuhkan energi yang sangat tinggi dalam kegiatan tersebut. Disinilah semut jepang memiliki peran yang sangat penting untuk menambah energi didalam tubuh baik pria ataupun wanita denga baik.

7. Mengatasi Penyakit Hati

Penyakit hati atau liver adalah salah satu penyakit yang sangat menyakitkan didalam tubuh dan juga mengakibatkan perut akan menguat atau mengecil. Hal tersebut disebabkan oleh gejala penyakit kuning dan pola makan tidak stabil. Hal ini bisa di atasi dengan mengkonsumsi semut jepang dengan teratur dan juga sesuai dengan petunjuk.

8. Membantu Mengobati Stroke

Penyakit tahap lanjut dari tekanan darah tinggi dan kolesterol adalah stroke. Jika seseorang sudah mengalami stroke, perlu penanganan yang cepat dan tepat untuk menghindari resiko yang lebih parah. Dalam pengobatan penyakit stroke juga tidak mudah, karena tidak diperbolehkan menggunakan obat sembarangan.

Salah satu solusi yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan Semut Jepang, serangga yang satu ini sangat dipercaya mampu membantu mengobati stroke secara efektif. Banyak orang yang sudah membuktikan manfaat semut Jepang yang satu ini. Bahkan masyarakat Indonesia juga sudah banyak yang mencobanya. Kebanyakan dari mereka merasakan perubahan yang luar biasa setelah mengonsumsi semut Jepang.

Cara Mendapatkan Semut Jepang

Setelah mengetahui berbagai manfaat semut Jepang, lalu bagaimana cara untuk mendapatkannya? Sekedar informasi, ada cukup banyak orang-orang di Jepang yang memang sengaja membudidayakan semut Jepang sebagai oleh-oleh atau obat untuk berbagai penyakit. Tidak perlu pergi ke Jepang untuk membelinya. Sebab sekarang ini sudah banyak toko online yang menyediakan semut ini.

Sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Selain itu, semut ini juga sering dibuat menjadi bentukan kapsul. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengonsumsinya. Biasanya, satu kapsul yang di jual di Jepang berisi satu buah semut. Untuk bentuk ini, akan ada takaran khusus berapa banyak kapsul yang dapat dikonsumsi manusia. Harga satu kapsul berisi semut Jepang memang terbilang mahal. Sehingga banyak orang yang perlu berpikir ulang untuk membelinya.

Cara Mengonsumsi Semut Jepang

Setelah mengetahui manfaatnya, kemudian pasti Anda akan berfikir bagaimana cara mengonsumsinya. Ada beberapa cara yang dianjurkan dalam mengonsumsi semut Jepang, tergantung cara seperti apa yang lebih Anda butuhkan. Berikut ulasannya.

  • Cara Pertama

Mereka yang percaya mengkonsumsi semut Jepang dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan memasukan 3 ekor semut jepang kedalam gelas dan dituangkan air panas hingga mati terus diaduk-aduk, kemudian kalau sudah hangat diminum. Jumlahnya sebenarnya mengikuti airnya kalau air dalam gelas banyak bisa juga ditambahkan 2 ekor semut Jepang lagi.

  • Cara Kedua

Bagi Anda yang awalnya masih merasa jijik ataupun geli saat mengkonsumsi Semut Jepang, bisa mengkonsumsinya memakai kapsul kosong yang terbuat dari rumput laut yang dapat dibeli di apotik terdekat.

  • Cara Ketiga

Jika dengan cara pertama dan kedua Anda merasa tidak yakin, Anda bisa menggunakan cara ketiga, yaitu dengan memakan semut Jepang bersama dengan nasi atau bubur. Cara ini lebih mudah dilakukan dibandingkan kedua cara di atas. Jika Anda memiliki cara lain dalam memakan semut Jepang, itu tidak menjadi masalah.

Kesimpulannya

Semut Jepang memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Namun yang paling dirasakan adalah manfaat untuk beberapa jenis penyakit, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Banyak orang yang saat ini percaya dengan teknik pengobatan menggunakan semut Jepang, banyak juga yang telah membuktikan keberhasilannya. Sayangnya menemukan semut Jepang tidak mudah dan harganya juga cukup mahal untuk harga seekor semut. Namun meski begitu manfaat semut Jepang untuk kesehatan sudah dipercaya banyak orang.

Itulah beberapa manfaat serta khasiat semut jepang untuk kesehatan beserta cara mengonsumsinya. Sampai sekarang belum ada laporan mengenani efek samping dari semut jepang, namun diharapkan tetap berhati-hati karena kemungkinan mengalami gangguan pencernaan bisa saja terjadi dan tergantung kondisi tubuh masing-masing. namun sebaiknya jika penyakit Anda sudah sembuh hendaknya Anda menghentikan konsumsi semut Jepang ini, karena segala yang berlebihan pasti akan menimbulkan efek negatif

You Might Also Like